Operasi Mempersempit Vagina Dalam ( Vaginoplasty)

Apa Itu Vaginoplasty ?

Adalah prosedur yang melibatkan pembedahan mengencangkan seluruh vagina agar tidak kendur/longgar pasca kehamilan atau penuaan ( faktor usia ). Prosedur yang dilakukan dengan tujuan untuk mengencangkan vagina , mengembalikan kekuatan kekencangan dan kontrol otot-otot vagina. Kekhawatiran terhadap tampilan dan nuansa vagina adalah hal yang umum. Peremajaan vagina membantu membangun kembali dasar panggul dimana jaringan dan otot vagina telah diregangkan, Ini juga digunakan untuk merekonstruksi area perineum di pintu masuk vagina, membantu memperkuat otot – otot ini dan mengurangi kelemahan.

Mengapa Vaginoplasty ?

Peregangan vagina dapat terjadi secara alami sehingga akibat dari proses penuaan atau melahirkan Dimana vagina gagal untuk kembali ke penampilan sebelum hamil, Peregangan vagina ini dapat meyebabkan wanita merasa tidak percaya diri tentang penampilan vagina atau dapat menyebabkan masalah fisik seperti ketidakpuasan seksual, Kelemahan vagina juga dapat membuat penurunan seksual dan dapat merugikan pada hubungan intim.

Prosedur Vaginoplasty

• Prosedur ini dilakukan dengan anestesi lokal.
• Waktu yang diperlukan adalah 1 – 1,5 jam.
• Langkah awal adalah menentukan jumlah pengencangan yang akan dilakukan.
• Sayatan berbentuk “ kue pai “ ditandai untuk menggambarkan kulit berlebih yang akan diambil. Di bawah kulit, jaringan dikencangkan dengan jahitan yang kuat. Setelah saluran vagina telah dikencangkan, kulit mukosa dijahit tertutup. Jika ada kulit luar yang menonjol bisa dikurangi agar terlihat penampilan yang lebih estetis.

Pemulihan Vaginoplasty

Rasa nyeri akan dirasakan selama beberapa hari pertama, Dokter akan meresepkan obat – obatan pereda nyeri, pereda bengkak dan pencegah infeksi untuk dikonsumsi pasien selama proses pemulihan. Pasien memerlukan waktu istitahat selama beberapa hari. Vaginoplasty biasanya menghasilkan saluran vagina yang lebih ketat sehingga dapat membantu meningkatkan kepuasan seksual.

Scroll to Top