APA ITU “SMOKER’S LINES“ DAN PERAWATANNYA 

26 Desember 2023by Artikel Dokter0
Di Tinjau Oleh :

26 Desember 2023 | Dr. Linda Afiaty

 

APA ITU “SMOKER’S LINES“ DAN PERAWATANNYA 

 

Smoker’s Lines atau Garis perokok yang juga disebut garis lipstik, adalah kerutan yang muncul di antara bibir atas dan hidung dan merupakan masalah penuaan. Garis-garis vertikal halus di sekitar mulut adalah tanda penuaan, bahkan bisa terjadi di kalangan bukan perokok. Smoker’s Lines tersebut dapat membuat wajah menjadi tua secara signifikan, meskipun tidak ada tanda-tanda penuaan lainnya dan merusak tampilan kulit yang mulus dan awet muda.

 

SMOKERS LINES

 

 

Garis-garis perokok sulit disembunyikan, bahkan dengan riasan. Nyatanya, riasan justru dapat memperburuk tampilan garis-garis tersebut, membuat garis-garis terlihat dalam dan menggelapkan tampilan garis perokok. Menemukan perawatan kosmetik untuk merawat garis-garis perokok adalah cara yang jauh lebih efektif untuk mengurangi garis-garis tersebut dan menghilangkan bekas jerawat. 

Ada banyak perawatan kosmetik yang tersedia untuk membantu menghilangkan tampilan garis perokok sehingga dapat berhenti menutupinya dengan riasan dan sehingga dapat mengembalikan penampilan awet muda dan kepercayaan diri seseorang. Di bawah ini, kita akan membahas apa sebenarnya garis-garis perokok (smokers lines) apa penyebabnya, bagaimana mencegahnya, dan pilihan pengobatan terbaik.

 

  • GARIS PEROKOK (SMOKERS LINES) 

Garis perokok adalah garis vertikal kecil atau kerutan yang membentang dari bibir hingga hidung dan dapat menutupi bibir dari satu sisi mulut ke sisi lainnya. Dalam banyak kasus, orang yang memiliki garis perokok di bibir atas juga memiliki garis tersebut di bibir bawah. Hal ini dapat menyebabkan kulit di sekitar bibir tampak tidak rata dan pecah-pecah, serta menyebabkan wajah bagian bawah tampak tertekan dan menua. Meskipun ukurannya sangat kecil, mereka biasanya muncul berkelompok di sekitar bibir, yang dapat menyebabkan munculnya kerutan di sekitar mulut.

Garis-garis tersebut terutama berada di bibir, namun dapat meluas ke kulit di luar bibir, sehingga berpotensi membuat lebih terlihat. Meskipun garis-garis ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan ketidaknyamanan atau masalah medis, garis-garis ini dapat berdampak negatif pada penampilan seseorang sehingga membuat seseorang terlihat lelah atau lebih tua.

 

  • Penyebab Garis Perokok 

Terlepas dari namanya, merokok bukan satu-satunya hal yang menyebabkan garis perokok, tetapi merupakan salah satu dari banyak penyebab umum. Garis Perokok adalah tanda alami penuaan yang juga dapat dipercepat dengan gerakan bibir tertentu, seperti merokok. Proses penuaan alami menyebabkan kulit secara bertahap menghasilkan lebih sedikit kolagen dan elastisitas, yang penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi. Kolagen dan elastisitas memungkinkan kulit untuk bergerak dan kembali ke penampilan yang kuat dan halus. Seiring bertambahnya usia maka produksi kolagen dan elastisitas akan berkurang, kulit di dan sekitar bibir akan berdampak sehingga akan terlihat menghasilkan garis -garis halus dan kerutan.

Penyebab utamanya adalah merokok dan paparan sinar matahari. Merokok, termasuk vaping, adalah salah satu faktor utama yang mengarah ke garis vertikal di dan sekitar mulut. Merokok meningkatkan kerusakan kolagen dan elastin dengan racun yang terkandung dalam rokok, yang membuat pertahanan kulit kurang  terhadap kerutan di atas ketegangan yang diulang pada mulut.

Garis Smoker juga terbentuk dari paparan sinar matahari karena kulit di sekitar bibir menjadi sangat halus dan tipis, selain sering tidak terlindungi dari sinar UV. Kerusakan akibat sinar matahari adalah penyebab terbesar penuaan di  area bibir dan mulut.

Saat bibir melakukan gerakan “menghisap”, otot orbicularis disekitar mulut akan bekerja sehingga membuat bibir lebih pendek dari sisi ke sisi. Ini menyebabkan kulit bibir berkerut. Merokok menonjolkan garis karena merokok itu sendiri menyebabkan penuaan kulit yang dipercepat, namun, setiap gerakan seperti minum melalui sedotan, bersiul, atau memberikan ciuman pada akhirnya akan menyebabkan garis.

Semakin tua seseorang maka akan semakin besar peluang membentuk garis -garis perokok.  Setiap tahun individu akan semakin menua, tubuh menghasilkan 1%  lebih sedikit kolagen dan elastin, membuat bibir kurang montok dan tebal dari waktu ke waktu dan lebih rentan terhadap terbentuknya kerutan.

Selain proses penuaan alami, berbagai faktor lain berkontribusi pada pembentukan garis perokok, seperti genetika, ekspresi berulang, paparan sinar matahari, dan merokok. Beberapa faktor  yang dapat menyebabkan garis perokok adalah sebagai berikut:

  • Kekeringan kronis bibir dan kulit di sekitar mulut
  • Masalah gigi
  • Minum dari sedotan atau botol
  • Cemberut atau tersenyum
  • Memainkan alat musik yang menggunakan mulut

 

  • Pencegahan Garis Perokok 

Jika  belum memiliki garis -garis halus yang terlihat di bibir dan mulut, ada hal -hal yang dapat dilakukan untuk membantu mencegahnya terbentuknya garis perokok. Bahkan untuk individu yang  sudah memiliki dan menerima perawatan untuk garis perokok, disarankan untuk mengikuti tips ini untuk mencegah garis perokok muncul kembali:

  • Berhenti semua merokok, termasuk vaping
  • Batasi minum dari sedotan atau botol
  • Gunakan SPF di sekitar mulut dan chapstick dengan SPF
  • Jaga bibir tetap lembab dan minum banyak air

 

Saat ini sudah banyak perawatan untuk membantu merawat garis perokok tersebut. Perawatan terbaik tergantung  pada faktor -faktor seperti kondisi bibir , hasil yang diinginkan, dan perawatan yang lebih disukai. Kunci perawatan adalah untuk menghilangkan garis perokok adalah perawatan yang mengembalikan hidrasi, kekuatan, dan dukungan. Ada banyak perawatan non-invasif, non-bedah yang dapat dipilih yang akan membantu mengisi kembali ketiga faktor kunci tersebut dan mengurangi tampilan garis perokok. Cara terbaik untuk mengetahui perlakuan apa yang terbaik adalah berkonsultasi dengan Dokter. Dokter akan menilai kondisi dan kekhawatiran pasien  dan membantu menentukan pilihan perawatan yang akan menawarkan hasil terbaik. Perawatan terbaik untuk mengatasi garis perokok antara lain :

 

  • BOTOX 

Botox adalah pilihan perawatan yang bagus untuk garis perokok halus atau sebagai perawatan preventif bagi seseorang yang baru mulai membentuk garis -garis halus dan ingin menjaga agar tidak berkembang lebih lanjut. Botox dapat disuntikkan ke area di atas bibir atas untuk melembutkan otot yang membuat ekspresi kerutan yang bertanggung jawab atas garis perokok. Ketika dilakukan dalam jumlah kecil oleh seorang Dokter, Botox dapat menjadi pilihan yang bagus dan secara signifikan mengurangi garis bibir halus dan mencegahnya kembali muncul. 

Beberapa orang tidak suka bagaimana suntikan Botox di sekitar area bibir terasa ketika mereka minum, dan itu bisa sedikit mengubah senyum . Namun, Botox adalah perawatan sementara yang mulai hilang dalam 3-4 bulan, jadi perawatan ulang harus dilakukan setiap 4 hingga 6 bulan sekali.  Suntikan Botox juga dapat digunakan bersama dengan filler untuk mengobati garis perokok yang dalam.

  • FILLER 

Filler banyak digunakan untuk mengobati garis perokok dan mengembalikan tampilan yang montok, halus, dan terhidrasi di area bibir dan mulut. Filler dengan kandungan asam hialuronat yang disetujui FDA dirancang untuk mengobati garis-garis halus di sekitar bibir dan mengembalikan penampilan yang halus.

Karena efek filler sehingga seseorang dapat menerima penampilan yang dihaluskan, memperlakukan garis perokok tanpa menyatukan bibir di luar bentuk dan ukuran alami sesuai dengan yang diinginkan. Perawatan ini cepat, biasanya memakan waktu tidak lebih dari 30 menit, dan dapat bertahan dari 6 bulan hingga satu tahun.

 

 

 

 

  • CHEMICAL PEELING 

Chemical Peeling atau perawatan kulit kimia melibatkan menghilangkan lapisan atas kulit sehingga sel -sel kulit baru yang sehat menggantikan sel -sel kulit yang lama dan rusak. Ini dapat membantu mengurangi penampilan garis -garis halus dan kerutan sambil juga mengatasi kekhawatiran lain seperti kerusakan akibat sinar matahari, bintik -bintik gelap, bekas jerawat, dan kulit kasar. Hasilnya setelah menghilangkan sel-sel kulit yang rusak adalah kulit yang halus dan tampak lebih sehat.

Chemical Peeling memiliki berbagai kekuatan tergantung pada jenis kulit , sensitivitas, dan kedalaman garis perokok. Mungkin juga membutuhkan beberapa perawatan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dokter akan dapat menilai kulit dan menentukan jenis chemical peeling dan berapa banyak sesi yang diperlukan untuk mencapai tampilan sesuai dengan yang diinginkan.

  • Treatment Laser 

Perawatan laser adalah cara yang bagus untuk mengurangi garis perokok sementara juga menargetkan masalah kulit lainnya seperti kerusakan akibat sinar matahari dan bintik -bintik gelap jika perawatan seperti chemical peeling tidak cukup efektif. Perawatan ini juga menghilangkan lapisan atas kulit untuk menghasilkan sel -sel kulit baru yang lebih sehat untuk kulit yang lebih halus dan lebih bercahaya. Prosedur non-invasif ini menguapkan sel-sel kulit yang rusak secara strategis menggunakan panjang gelombang laser spesifik dan menggunakan proses penyembuhan alami tubuh, yang meningkatkan regenerasi sel dan produksi kolagen. Hal ini menghasilkan penurunan penampilan garis -garis halus dan kerutan di area mulut dan membantu menjaga garis perokok dengan meregenerasi kolagen yang dibutuhkan dan sel -sel kulit yang sehat.

  • Microneedling 

Microneedling adalah prosedur yang relatif baru untuk mengatasi garis perokok secara alami. Ini juga dianggap sebagai salah satu perawatan alami terkemuka untuk menghilangkan garis-garis perokok karena kemampuannya membantu meregenerasi kolagen alami dan meningkatkan elastisitas dan tekstur kulit. Ia menggunakan ribuan microneedles untuk menembus permukaan kulit menggunakan perangkat khusus. Ini merangsang proses penyembuhan alami dan membantu kulit memproduksi kolagen dan elastin segar, sehingga menjadikan kulit lebih kuat, kencang, dan halus. Hal ini membantu meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan pada bibir dan sekitar mulut sekaligus membantu area tersebut terlihat lebih muda dan bercahaya.

Perawatan ini bersifat invasif minimal, dan satu-satunya efek samping yang akan dialami adalah kemerahan dan iritasi kulit minimal selama dua hari pertama. Hasil akhir dari microneedling muncul setelah 4-6 minggu, dan mungkin memerlukan beberapa sesi untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Baru-baru ini, energi frekuensi radio telah ditambahkan ke microneedling yang dapat meningkatkan hasil lebih jauh lagi, meskipun hal ini mungkin sedikit menambah waktu pemulihan.

  • Dermabrasi

Dermabrasi memberikan hasil yang serupa dengan chemical peeling dan merupakan perawatan pengelupasan kulit yang menggunakan alat berputar untuk menghilangkan lapisan luar kulit. Perawatan ini biasanya melibatkan anestesi lokal atau obat penenang ringan untuk menghilangkan rasa tidak nyaman. Setelah mati rasa, praktisi dengan lembut mengikis lapisan kulit terluar hingga mencapai lapisan optimal untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Setelah area perawatan mulai pulih, pasien akan mulai melihat kulit yang lebih sehat dan halus serta berkurangnya munculnya garis-garis perokok. Namun, dibutuhkan waktu hingga 3 bulan untuk melihat hasil akhirnya.

  • Suntikan PRP

Suntikan PRP, atau plasma kaya trombosit, adalah perawatan yang menggunakan sebagian dari darah sendiri untuk mempercepat penyembuhan jaringan lunak dan membantu mengurangi garis perokok. PRP meniru respons alami tubuh terhadap cedera dengan mengaktifkan trombosit. Setelah darah diproses, trombosit yang diaktifkan disuntikkan ke area perawatan. Hal ini merangsang pelepasan zat yang disebut faktor pertumbuhan yang diperlukan untuk penyembuhan luka. Mereka merangsang peningkatan aliran darah ke area tersebut serta produksi kolagen dan elastin. Hasilnya, kulit di area yang dirawat mengalami proses regeneratif yang mengurangi tampilan garis perokok. Perawatan ini memberikan hasil jangka panjang; namun jika ingin menerima perawatan tambahan setiap 6-9 bulan untuk mempertahankan hasil terbaik.

Ada banyak pilihan perawatan untuk membantu memperbaiki atau menghilangkan tampilan garis perokok. Perawatan terbaik bergantung pada kondisi bibir dan kondisi garis , hasil yang diinginkan, dan rekomendasi dokter. Untuk menentukan pilihan pengobatan mana yang terbaik bagi pasien.  

 

 

 

 

 

Tidak diragukan lagi Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery  adalah klinik yang unggul dalam melakukan setiap tindakan perawatan treatment yang ada. Anda tidak perlu khawatir kalau ingin melakukan perawatan treatment untuk Smokers Line karena tindakan ini aman dan memberikan hasil yang nyata saat setelah treatment selesai dilakukan. Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery memiliki dokter yang berpengalaman dan handal melakukannya. Anda pun tidak perlu takut harga yang mahal karena Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery selalu memberikan promo dan harga terjangkau bagi Queeners yang mau melakukan perawatan treatment maupun operasi apapun. Jadi tunggu apalagi segera datang ke Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery untuk berkonsultasi dan menjadwalkan untuk Queeners yang ingin segera tampil cantik dan menawan lewat perawatan ini. 

 

Konsultasi Langsung Gratis Seputar Perawatan Treatment Untuk Smokers Line

Klik https://queenplasticsurgery.id

WhatsApp 0812 9356 0404

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • OPERASI PLASTIK
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • PROMO BULAN INI
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @Queen Plastic Surgery 2024