KERUTAN MENGGANGGU DI USIA MUDA (PART 1)

10 November 2023by Artikel Dokter0
Di Tinjau Oleh :

10 November 2023 | Dr. Novika Neovansie Gabriel

 

Masih Muda Tapi Ada Kerutan? 

Cari Solusinya Bersama Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery (Part 1)

 

 

 

 

Kerutan adalah garis-garis yang terbentuk pada kulit Anda . Itu adalah bagian alami dari proses penuaan tubuh Anda. Kerutan pada kulit Anda terlihat mirip dengan kerutan pada kemeja yang perlu disetrika. Mereka muncul sebagai lipatan, lipatan atau tonjolan. Kerutan paling sering ditemukan di wajah, leher, dan lengan, namun kerutan bisa muncul di mana saja di tubuh Anda.

Setiap orang yang menua pasti mengalami kerutan. Anda mungkin lebih berisiko mengalami kerutan di awal kehidupan jika:

  • Anda memiliki kulit yang rusak akibat sinar matahari atau kulit Anda sering terkena sinar matahari.
  • Anda merokok produk tembakau.
  • Tubuh Anda kehilangan kolagen, yang memberikan elastisitas dan dukungan pada kulit Anda.

 

Pada usia berapa saya mulai mendapatkan kerutan di tubuh saya

Seiring bertambahnya usia tubuh Anda, Anda akan melihat garis-garis halus mulai muncul di tubuh Anda. Hal ini dapat dimulai setelah usia 25 tahun. Kelompok usia yang paling umum bagi orang yang mencari perawatan kerutan adalah antara usia 40 hingga 55 tahun. Kerutan menjadi lebih menonjol setelah usia 65 tahun.

 

Gejala dan Penyebab

Jika Anda melihat telapak tangan Anda, ada garis-garis di kulit Anda. Seiring bertambahnya usia, garis-garis seperti yang ada di telapak tangan akan terbentuk di bagian kulit tubuh lainnya.

Gejala keriput antara lain:

  • Garis, lipatan atau lipatan pada kulit Anda.
  • Kulit kendur atau kendor.

Kerutan terlihat jelas saat Anda sedang istirahat, namun akan lebih terlihat saat Anda menggerakkan otot wajah dengan tersenyum atau mengerutkan kening.

 

Di bagian tubuh mana saya akan mengalami kerutan

Kerutan dapat muncul di mana saja pada kulit Anda, tetapi paling sering terjadi pada:

  • Tangan.
  • Leher.
  • Lengan.
  • Kaki.

 

Apa penyebab kerutan

Produksi sel kulit yang lambat, penipisan lapisan kulit dan kurangnya protein kolagen menyebabkan terbentuknya kerutan pada kulit Anda. Kolagen adalah protein dalam tubuh Anda yang memberi struktur pada kulit Anda. Memberikan kelenturan atau elastisitas sehingga Anda dapat bergerak dengan mudah. Kulit Anda mirip dengan karet gelang. Jika karet gelang tersebut meregang atau bergerak terlalu banyak, karet gelang tersebut akan menjadi longgar dan kehilangan kemampuannya untuk kembali ke ukuran dan bentuk normalnya. Ketika sel-sel tubuh menua, kemampuannya memproduksi protein melambat. Hal ini membuat karet gelang Anda lebih sulit kembali ke bentuk aslinya, sehingga menyebabkan kerutan.

 

 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit Anda keriput.

  • Penuaan

Kerutan adalah produk sampingan dari proses penuaan . Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit membelah lebih lambat, dan lapisan tengah kulit – dermis – mulai menipis. Dermis memiliki jaringan serat elastin dan kolagen, yang memberikan dukungan dan elastisitas. Saat jaringan ini mengendur dan terurai seiring berjalannya waktu, cekungan terbentuk di permukaan kulit Anda. Kulit yang menua juga kurang mampu mempertahankan kelembaban, kurang efisien dalam mengeluarkan minyak, dan lebih lambat dalam proses penyembuhan. Semua faktor ini berkontribusi terhadap perkembangan kerutan.

  • Kontraksi otot wajah

Garis-garis di dahi, di antara alis (garis kerutan) dan menonjol dari sudut mata ( garis kerutan ) terbentuk karena kontraksi otot kecil. Tersenyum, mengerutkan kening, menyipitkan mata, dan kebiasaan ekspresi wajah lainnya menyebabkan kerutan semakin menonjol. Seiring waktu, ekspresi ini ditambah dengan gravitasi berkontribusi pada pembentukan kerutan.

  • Kerusakan akibat sinar matahari

Paparan radiasi ultraviolet (UV) matahari yang berlebihan dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit atau disebut juga photoaging. Paparan sinar UV memecah serat kolagen dan menyebabkan produksi elastin yang tidak normal. Ketika sinar ultraviolet merusak jaringan kulit, tubuh Anda memproduksi enzim yang disebut metalloproteinase. Enzim ini menciptakan dan mereformasi kolagen. Namun, selama proses tersebut, beberapa serat kolagen yang sehat mengalami kerusakan, sehingga mengakibatkan solar elastosis – pembentukan serat yang tidak teratur. Kerutan muncul ketika proses pembangunan kembali terjadi berulang kali, dan menjadi kurang efisien setiap saat.

  • Merokok

Kulit yang sehat terus beregenerasi. Kolagen lama terurai dan hilang dari tubuh Anda, sehingga memberi ruang bagi kolagen baru. Para peneliti menemukan bahwa merokok menyebabkan berkurangnya produksi kolagen baru. Kolagen yang berkurang menyebabkan berkembangnya kerutan.

  • Faktor lingkungan

Polutan di udara di lingkungan Anda dapat menyebabkan kolagen tubuh terurai saat polusi masuk ke pori-pori Anda. Polutan paling umum di lingkungan Anda yang menyebabkan kerutan meliputi:

  • Materi partikulat: Materi partikulat adalah campuran padatan dan cairan mikroskopis di udara yang meliputi kotoran, debu, dan asap.
  • Jelaga: Jelaga adalah bahan padat mikroskopis berbasis karbon yang terbentuk ketika sesuatu terbakar. Jelaga terjadi di lingkungan dari knalpot kendaraan dan fasilitas manufaktur.
  • Nitrogen dioksida: Nitrogen dioksida adalah gas yang ada di lingkungan. Penyakit ini paling umum terjadi di dekat kendaraan, fasilitas manufaktur industri, lokasi konstruksi, dan di beberapa peralatan pekarangan dan taman.

 

Apakah riasan menyebabkan kerutan

Jika Anda tidak menghapus riasan, pori-pori dapat tersumbat, sehingga membatasi kemampuan tubuh untuk memproduksi protein kolagen. Hal ini dapat menyebabkan penuaan dini dan kerutan jika Anda tidak pernah menghapus riasan. Penting untuk menghapus riasan di penghujung hari dengan pembersih untuk memastikan pori-pori Anda bersih dan mencegah kerutan. Jika Anda lupa melepas riasan beberapa kali sebelum tidur, tidak apa-apa, namun kebiasaan membiarkan riasan dapat merusak kulit dengan menyumbat pori-pori.

 

 

     

 

     

 

 

Queeners dapat melakukan konsultasi dengan Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery untuk mendapatkan solusi terkait menghilangkan kerutan pada wajah. Karena perawatan wajah akibat kerutan sangat membantu Queeners untuk mendapatkan hasil wajah yang glowing dan bebas kerutan dan tentunya pastikan bahwa Queeners melakukannya di klinik yang sudah resmi. Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery menjadi yang terbaik dan sangat berpengalaman dalam bedah plastik kosmetik selama puluhan tahun. Melakukan treatment dengan seorang ahli pun menjadi pertimbangan untuk melakukan treatment dalam waktu tertentu. Queeners akan mendapatkan hasil yang terbaik pada hasil wajah yang Queeners lakukan di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery. Hubungi hotline di bawah ini dan konsultasikan masalah Queeners kepada Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery. 

 

Konsultasi Gratis Langsung Seputar Perawatan Kulit dan Wajah

Klik https://queenplasticsurgery.id

WhatsApp 0812 9356 0404

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • OPERASI PLASTIK
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • PROMO BULAN INI
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @Queen Plastic Surgery 2024