Operasi Bedah

2 April 2024by Alina0

Operasi Bedah Koreksi Hidung atau Rhinoplasty Revision
Memperbaiki Hasil Yang Kurang Memuaskan Part 1

Di Tinjau Oleh

06 Maret 2024 | Dr Novika Neovansie Gabriel

Operasi Hidung Mancung
Cantik dan Sempurna

operasi bedah revisi hidung atau operasi hidung korektif dilakukan untuk memperbaiki hasil yang tidak diinginkan dari operasi operasi hidung sebelumnya. Ada beberapa perselisihan mengenai terminologi tersebut. Menurut beberapa orang, operasi selanjutnya yang dilakukan oleh ahli bedah yang sama untuk memperbaiki hasil buruk yang timbul dari operasi pertama disebut operasi hidung revisi, sedangkan operasi hidung sekunder adalah nama yang diberikan untuk operasi perbaikan yang dilakukan oleh ahli bedah lain. Namun, Rhinoplasty Sekunder secara luas disebut sebagai operasi perbaikan estetika hidung yang dilakukan untuk kedua kali atau lebih, terlepas dari ahli bedah yang melakukan operasi pertama.

Sayangnya tidak semua operasi hidung dapat memberikan hasil yang diinginkan. Ujungnya yang lebar, bulat atau terjepit, asimetris, terkulai, dan hidung yang sangat pendek atau terangkat (hidung babi) mungkin merupakan penyebabnya. Lubang hidung mungkin asimetris atau lebar. Mungkin terjadi keruntuhan dinding samping hidung (alar kolaps) dan kesulitan bernapas. Mungkin masih ada punuk atau jembatan hidung yang roboh. Hidungnya mungkin menyerupai paruh burung beo karena pengangkatan tulang rawan yang tidak mencukupi atau mungkin ada jembatan hidung yang roboh (hidung pelana) karena pengangkatan tulang rawan yang berlebihan. Bentuk V terbalik di tengah hidung, hidung bengkok, deviasi lanjutan, ketidakteraturan pada batang hidung, perkembangan jaringan parut yang berlebihan di dalam dan di luar hidung, masalah kulit dan jaringan lunak mungkin terjadi.

Alasan mengapa operasi hidung dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan penampilan Anda.

Sebenarnya, komplikasi estetika dan fungsional pada operasi hidung primer merupakan indikasi yang mungkin timbul pada operasi hidung revisi. Sayangnya, 7-15% operasi hidung primer memerlukan operasi hidung sekunder (revisi). Beberapa dari operasi ini memerlukan revisi kecil sementara beberapa lainnya memerlukan koreksi besar. Dalam operasi revisi kecil, hasil operasi pertama dapat diterima dan hanya diperlukan sedikit perbaikan. Pasien mungkin senang dengan tampilan dan nuansa hidung saat ini secara umum, namun mintalah revisi kecil. Namun, jika operasi hidung sebelumnya telah menyebabkan kelainan bentuk yang jelas, maka diperlukan operasi revisi korektif besar-besaran. Operasi rhinoplasty yang gagal dapat menurunkan rasa percaya diri pasien dan menyebabkan pasien enggan melakukan aktivitas sosial. Umumnya, pasien seperti ini merasa tidak puas dengan hidungnya dan takut menjalani operasi revisi.

Alasan Umum mengapa Rhinoplasty (operasi estetika hidung) bisa gagal. 

1. Dokter bedah mungkin memiliki pengalaman yang tidak memadai.

2. Pasien mungkin mempunyai harapan yang tidak realistis.

3. Tujuan dokter bedah mungkin berlebihan.

4. Masalah fungsional dapat terjadi karena penyembuhan yang buruk dan jaringan parut.

5. Trauma hidung pasca operasi mungkin terjadi.

Bagaimana Kegagalan Dapat Dihindari atau Diminimalkan?

1. Pemeriksaan

Dokter ahli bedah plastik harus melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum operasi terhadap pasien, merencanakan tindakan yang baik, dan melakukan operasi dengan sabar dan cermat. Sayatan yang salah, pengangkatan tulang rawan atau tulang yang berlebihan atau tidak memadai, ketidakmampuan untuk memperbaiki mekanisme penyangga hidung adalah penyebab paling umum dari konsekuensi yang tidak diinginkan. Dokter bedah tidak boleh terburu-buru melakukan operasi. Jika dokter bedah tidak sepenuhnya puas dengan hasilnya, penting untuk memulai kembali dan melakukan revisi yang diperlukan. Hasil operasi lah yang penting, bukan durasinya.

 

2. Pengalaman

Operasi hidung membutuhkan pengalaman minimal 5-7 tahun. Sering disebutkan oleh spesialis telinga, hidung dan tenggorokan serta ahli bedah plastik bahwa Rhinoplasty adalah salah satu operasi yang paling menantang dan menuntut di antara operasi estetika. Menjadi ahli bedah yang baik saja tidak cukup. Hal ini juga menuntut seorang ahli bedah dengan mata artistik yang kuat yang bekerja dengan kesabaran dan ketelitian serta merawat jaringan dengan kepekaan dan rasa hormat. Sangat penting untuk mempertimbangkan banyak struktur yang membentuk hidung dan hubungan tiga dimensinya satu sama lain agar dapat dioperasikan dan diperbaiki untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain itu, perlu diantisipasi kekuatan apa, dan pada kapasitas apa, yang akan berdampak pada hidung pasca operasi dan bagaimana cara menstabilkan hidung dalam jangka panjang. Semua ini memerlukan pengalaman. Operasi hidung revisi memerlukan pengalaman ekstra dibandingkan dengan operasi hidung biasa.

 

3. Fokus

Perlu diingat bahwa fungsi utama hidung adalah untuk bernapas dengan sehat dan penampilan visual tidak boleh menjadi satu-satunya fokus. Penekanannya harus pada memperbaiki hidung tanpa mengorbankan penampilan atau kesehatan pernapasan. Disarankan untuk menunggu setidaknya satu tahun setelah operasi pertama untuk menjalani operasi hidung revisi. 

 

Evaluasi Pra Operasi

Meskipun evaluasi pra operasi sama dengan operasi hidung primer, namun memerlukan pemeriksaan dan perawatan yang lebih mendalam. Selain itu, ahli bedah harus menentukan kebutuhan cangkok dan sumber daya yang tersedia, serta mendapatkan persetujuan pasien.

 

Evaluasi Estetika

Analisis mendetail pada hidung adalah suatu keharusan agar operasi berhasil. Pertama, kulit diperiksa. Ketebalan, kualitas, kepenuhan, dan integritas kulit dan jaringan subkutan serta hubungannya dengan struktur hidung di bawahnya dinilai. Sementara itu, reseksi dalam bentuk apa pun, tidak mencukupi, berlebihan, atau asimetris akan dilakukan. Dokter bedah mencoba mengidentifikasi area hidung yang belum tersentuh pada operasi sebelumnya. Selanjutnya, dokter bedah memeriksa kemungkinan area cangkok.

Osteotomi dan posisinya pada dorsum hidung dievaluasi. Nilainya mungkin sangat tinggi, normal, atau sangat rendah. Apakah lurus, bengkok, lebar atau sempit? Apakah diperlukan revisi osteotomi? Selain itu, ahli bedah harus mengevaluasi apakah pengangkatan punuk hidung atau tulang hidung yang dilakukan secara berlebihan atau tidak memadai perlu dilakukan. Selain itu, dorsum hidung juga harus diperiksa ketidak teraturannya. Dalam evaluasi kubah tengah, ahli bedah harus mencari adanya deformitas dan penyempitan huruf V terbalik. Harus dinilai apakah cangkokan diperlukan atau tidak. Tulang rawan diperiksa untuk mengetahui apakah ada reseksi yang tidak memadai atau berlebihan, penyimpangan, atau kebengkokan. Dalam evaluasi ujung hidung, simetri, proyeksi, rotasi, hubungan alar-columella, dan keadaan tulang rawan lateral bawah dinilai. Dukungan ujung dan ujung tulang rawan septum diperiksa. Semua sayatan di dalam dan di luar hidung diperiksa. Setiap kemungkinan adanya cangkokan dianalisis.

Evaluasi Fungsional

Penyusutan katup statis atau dinamis sering terjadi pada pasien operasi hidung revisi. Kesempitan pada dinding lateral hidung dan kolapsnya rongga hidung saat bernapas merupakan tanda-tanda penyempitan katup yang signifikan. Diagnosis segera dapat dilakukan melalui observasi pasien selama pernapasan teratur dan dalam.

Penting untuk menjalin komunikasi yang jujur ​​dan terbuka dengan pasien dan memberitahu mereka tentang kemungkinan hasil yang menguntungkan dan merugikan. Sudah jelas bahwa tujuan setiap ahli bedah revisi adalah mencapai hasil yang sukses dan menyenangkan. Namun, jika ada keraguan serius seputar pembatasan apa pun untuk mencapai hasil yang lebih baik, batasan pembedahan sebaiknya tidak diganggu gugat, dan kasus ini harus diberitahukan kepada pasien. 

Pasien harus memberi tahu dokter bedahnya mengenai obat yang diminum secara rutin, penyakit kronis (hipertensi, diabetes, dll), operasi sebelumnya, alergi, dan masalah terkait pendarahan. Disarankan agar pasien berhenti mengkonsumsi aspirin dan obat penghilang rasa sakit pengencer darah serupa (aspirin, ibuprofen), vitamin A, Ginkgo Biloba (dapat menyebabkan peningkatan memar dan bengkak) selama 10 hari, dan menghentikan konsumsi alkohol (dapat menyebabkan peningkatan edema) 5 hari sebelum operasi serta berhenti merokok (menunda penyembuhan luka, meningkatkan masalah paru-paru dan risiko infeksi pasca anestesi).

Artikel ini berlanjut ke Part 2 Queeners.

Untuk pertanyaan dan konsultasi Queeners bisa langsung datang ke Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery ya. Pelayanan konsultasi hingga 24 jam jadi Queeners tidak perlu ragu melakukan konsultasi di jam kapan pun. Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery sudah memiliki pengalaman lebih dari puluhan tahun dalam memberikan pelayanan dan hasil yang terbaik. Jadi jangan ragu lagi, langsung hubungi hotline di bawah ini dan dapatkan promo di bulan yang spesial ini. Tampil cantik di bulan yang penuh kebahagian bersama Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery.

 

Kecantikan
Kepercayaan Diri

Lebih dari 100 Pilihan Operasi

Queen Plastic Surgery bukanlah sekedar klinik estetika biasa. Faktanya dengan lebih dari 100 pilihan tindakan operasi plastik yang ditawarkan, kami telah menjadi destinasi utama bagi mereka yang ingin mengembalikan atau meningkatkan kepercayaan diri melalui perubahan estetika dan operasi plastik di solo. Tidak hanya itu, setiap prosedur dilakukan oleh tim dokter bedah plastik berpengalaman yang memastikan hasil terbaik bagi pasien. Lebih lanjut, mulai dari rhinoplasty, revisi hidung, operasi kantung mata, operasi lipatan mata, operasi bibir love, operasi dagu, pembesaran payudara, sedot lemak,  facelift, hingga tindakan kontur tubuh, selain itu Queen Plastic Surgery menyediakan solusi lengkap untuk setiap kebutuhan estetika kecantikan. Dengan demikian, memilih Queen Plastic Surgery berarti memilih keahlian dan variasi yang tak tertandingi.

Pemulihan dan Pasca-Operasi

Salah satu keunggulan Queen Plastic Surgery
adalah perhatiannya terhadap pasien pasca-operasi. Tidak hanya fokus pada hasil operasi, Kami juga memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan terbaik selama masa pemulihan. Sebab itu pasien akan mendapatkan instruksi jelas mengenai perawatan diri di rumah, dan klinik, Serta mendapatkan GRATIS kontral pasca operasi.

Yang Anda Dapatkan

1. Teknologi Modern Dan Terkini:
Dengan bermitra bersama Queen Plastic Surgery, rasakan perawatan kecantikan yang didukung oleh teknologi modern dan terkini yang nantinya akan mengoptimalkan setiap detil kecantikan Anda.

2. Tenaga Medis Profesional Dan Berpengalaman:
Dibalik layanan kami, terdapat tim medis profesional yang tidak hanya berpengalaman tetapi juga berdedikasi untuk merawat dan mempercantik Anda dengan standar tertinggi.

3. Klinik Kecantikan Berizin Resmi:
Kepercayaan Anda adalah prioritas kami. Oleh karena itu, dengan izin resmi yang kami miliki, tentunya kualitas layanan dan keamanan pasien selalu menjadi komitmen utama kami.

4. Harga Terjangkau:
Kecantikan premium tidak harus mahal. Sebagai buktinya, dapatkan perawatan terbaik dengan harga yang terjangkau dan bersaing.

5. Suasana Nyaman Dan Mewah, Hasil Perawatan Maksimal:
Kami menyajikan suasana nyaman dan mewah yang tidak hanya menjadi latar belakang untuk perawatan maksimal Anda, tetapi juga memberikan hasil terbaik untuk setiap pasien.

6. Lokasi Klinik Di Pusat Kota:
Berlokasi strategis di pusat kota, sehingga Queen Plastic Surgery mudah diakses dan tentunya menjadi solusi kecantikan bagi Anda yang dinamis. LIHAT LOKASI

7. Fasilitas Penjemputan Di Bandara:
Kenyamanan Anda adalah misi kami. Oleh karena itu, untuk pasien dari luar kota, kami menyediakan fasilitas penjemputan eksklusif dari bandara menuju klinik.

8. Fasilitas Menginap Yang Mewah:
Lengkapi pengalaman Anda dengan fasilitas menginap mewah yang kami tawarkan. Selain itu, memastikan setiap momen Anda bersama kami dipenuhi dengan kenyamanan dan kemewahan.

9. Testimoni dan Ulasan Positif
Salah satu indikator terbaik dari kualitas sebuah klinik adalah ulasan dari pasien-pasiennya. Queen Plastic Surgery
dengan bangga menampilkan testimonial dan ulasan positif dari pasien yang telah merasakan manfaat dari perawatannya.  LIHAT ULASAN

Pentingnya Memilih Klinik Berkualitas

Sebagai pengingat bagi Anda, memutuskan untuk mendapatkan Hasil operasi hidung rhinoplasty bukanlah hal yang sederhana dan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sudah banyak berita yang mengungkap tentang kasus-kasus buruk akibat menjalani operasi hidung rhinoplasty di klinik yang kurang berkualitas atau klinik abal abal.

Berlarut-larut dalam ketidakpastian klinik yang tidak jelas reputasinya sangat berisiko. Anda mungkin akan menyesal seumur hidup karena hasil yang diperoleh dari klinik semacam itu bisa jauh dari ekspektasi. Lebih dari itu, banyak laporan yang menyebutkan ada orang yang infeksi bahkan sampai meninggal akibat perawatan kecantikan yang tidak memadai.

Untuk menghindari risiko, Anda sebaiknya memilih untuk menjalani perawatan atau operasi hidung rhinoplasty plastik di klinik terpercaya yang didukung oleh Dokter Bedah Plastik Terbaik di Queen Plastic Surgery yang berpengalaman puluhan-tahun. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil Hasil operasi hidung rhinoplasty yang memuaskan, berkualitas dan tentunya sangat aman.

Penting untuk diingat, seorang dokter bedah plastik yang berpengalaman dan profesional selalu memberikan perawatan dengan penuh pertimbangan dan meyeluruh. Sehingga, hasil yang Anda terima tidak hanya memuaskan tetapi juga aman dan minim risiko yang bisa berdampak buruk pada penampilan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasien
Testimoni

“Kami percaya bahwa testimoni adalah bukti kesuksesan layanan kami 🌟 Terima kasih telah memilih kami dan memberi kesempatan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/admin-ajax-160x160.jpg
Bella Roselina
Selebgram

“Sangat puas, hasil operasi plastik Hidung dan implan payudara saya di Queen Plastic Surgery sungguh memukau! Terima kasih untuk tim ahlinya yang selalu ramah dan profesional. Kalian membuatku merasa cantik dari dalam dan luar. #QueenPlasticSurgery #TransformasiCantik #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Yeyen-2-160x160.jpg
Yeyen Lidya
Artis

“Bukan hanya sekadar mengubah penampilan, tapi juga meningkatkan rasa percaya diri. Itulah yang saya rasakan setelah operasi plastik kantung mata di Queen Plastic Surgery. Timnya begitu hangat dan perawatan yang diberikan pun sangat terbaik. #QueenPlasticSurgery #PercayaDiriBaru #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Tanpa-judul-160x160.png
Nita Thalia
Artis

“Kesuksesan operasi plastik tidak hanya terletak pada hasil akhirnya, tapi juga pada prosesnya. Dan saya sangat puas dengan proses yang dilalui bersama Queen Plastic Surgery. Saya merasa dipahami dan didukung sepenuhnya. Terima kasih! #QueenPlasticSurgery #ProsesyangBerarti #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Screenshot-2024-01-14-055939-160x160.png
Olla
Pasien

“Saya tak pernah menyangka bahwa operasi plastik bisa memberikan perubahan yang begitu besar pada diri saya. Queen Plastic Surgery benar-benar mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Terima kasih tak terhingga untuk tim yang luar biasa ini. #QueenPlasticSurgery #PerubahanMaksimal #TestimoniPasien”

Telah Di Tayangkan

“Si cantik yang mempesona, Queen plastic Surgery telah menarik perhatian banyak media nasional. Yakin masih ragu untuk mencoba layanan operasi plastik?

  • PROMO BULAN INI
  • OPERASI PLASTIK
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @ Queen Plastic Surgery 2024

error: COPY PROTECTION!!