PANNICULECTOMY VS TUMMY TUCK

2 Januari 2024by Artikel Dokter0
Di Tinjau Oleh :

28 Desember 2023 | Dr. Linda Afiaty

 

PANNICULECTOMY VS TUMMY TUCK

 

Setiap kali kita mendengar seseorang mengalami penurunan berat badan dalam jumlah besar, kita hampir tidak tahu tentang semua kerja keras yang dilakukan dan dampak yang ditimbulkannya, kulit yang kendur adalah salah satu contohnya. Kulit kendur mungkin memalukan bagi seseorang. Bahkan kita meragukan diri sendiri dan bertanya-tanya apakah usaha itu  sepadan. Beratnya hilang dan yang tersisa hanyalah kulit kendur. Dua perawatan yang dapat membantu seseorang menghilangkan kulit kendur adalah Tummy Tuck (pengencangan perut)  dan panniculectomy. Mungkin pernah mendengar tentang tummy tuck (pengencangan perut), tetapi pernahkah  mendengar tentang panniculectomy? Mari kita cari tahu apa itu dan poin-poin penting dari panniculectomy vs tummy tuck. 

Masih banyak orang yang bingung dan bertanya apa perbedaan antara pnniculektomi dan tummy tuck. Kebingungan muncul karena kedua prosedur tersebut dilakukan pada area anatomi yang sama, yaitu perut. Yang membedakan keduanya adalah tujuan dari operasi tersebut. Tummy Tuck terutama digunakan untuk mengencangkan otot perut dan membuang lemak, kulit, dan jaringan berlebih, sedangkan panniculectomy dilakukan untuk menghilangkan pannus.

 

 

 

 

 

 

  • PANNICULECTOMY

Apa sebenarnya prosedur panniculectomy? Pannus dianggap sebagai celemek kulit yang menggantung di perut, kaki, dan alat kelamin setelah penurunan berat badan yang signifikan. Pannus adalah lipatan kulit besar yang dibiarkan menggantung di perut, dan bagian bawah tubuh seperti paha dan alat kelamin. Ini adalah kondisi yang sering dialami oleh wanita setelah mengalami penurunan berat badan secara signifikan setelah melahirkan. Operasi ini melibatkan pendekatan yang ditargetkan untuk menghilangkan kulit kendur serta lemak berlebih di pannus. Ini dapat mengatasi masalah mobilitas dan membantu menghilangkan rasa tidak nyaman saat digosok dan lecet yang dapat menyebabkan masalah lebih lanjut seperti infeksi kulit.

Panniculectomy juga dikenal sebagai prosedur pembentukan tubuh dan membantu mengencangkan kulit yang kendur di perut dan daerah sekitarnya. Prosedur ini dilakukan sendiri atau terkadang dikombinasikan dengan tummy tuck (pengencangan perut). Banyak pasien menjalani panniculectomy setelah mengalami penurunan berat badan yang signifikan dan diikuti setelah operasi bariatrik untuk mengatasi obesitas, atau setelah prosedur kehamilan rumit yang membuat kulit kehilangan elastisitas dan gagal kembali ke bentuk kulit aslinya. Pannus bisa jatuh di bawah lutut pasien dan dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Ada sejumlah masalah kesehatan yang mengikutinya seperti masalah punggung, maag, ruam kulit, dan lain sebagainya. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas hidup  dan dapat menyebabkan masalah dalam aktivitas sehari-hari seperti berjalan, berdiri, duduk, atau mengemudi. Operasi tummy tuck (pengencangan perut) adalah prosedur bedah yang lebih invasif dan dapat membawa perubahan besar pada tubuh.

Panniculectomy adalah perawatan bedah invasif. Ini sangat berguna bagi orang-orang yang baru saja menjalani operasi penurunan berat badan dan memiliki banyak kulit menggantung di perut bagian bawah. Jenis operasi ini mungkin dianggap sebagai kebutuhan medis jika sisa kulit mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Misalnya, mengalami ruam, infeksi, dan bisul di bawah area kulit yang menggantung. Selama panniculectomy, dokter bedah akan membuat dua sayatan di dinding perut untuk menghilangkan kelebihan kulit di bagian tengahnya. Kemudian kulit bagian bawah disambungkan kembali ke atas melalui penjahitan.

Hanya dokter bedah plastik bersertifikat yang dapat melakukan operasi panniculectomy dan memiliki pengalaman luas dalam prosedur bedah kontur ini. Pembedahan dilakukan dengan anestesi umum dan mungkin memerlukan waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya. 

Dalam panniculectomy, dokter bedah membuat sayatan tepat di bawah tulang dada dan mencapai tulang kemaluan. Sayatan lain dibuat di sepanjang tulang kemaluan, sehingga dokter bedah dapat menghilangkan kelebihan kulit dan lemak dari area yang ditentukan. Kulit yang diekstraksi ditarik kencang dan dijahit untuk menghasilkan penampilan yang ramping dan berkontur baik. Ini akan membuat dokter bedah membuat pusar baru dan menciptakan tampilan perut yang benar-benar baru.

Dibutuhkan sekitar 2 hingga 5 jam bagi dokter bedah untuk melakukan panniculektomi. Jangka waktu pastinya bergantung pada panjang sayatan yang dibuat, serta jumlah kelebihan kulit yang dibuang.

 

  • Kandidat 

Anda mungkin menjadi kandidat untuk panniculectomy jika :

  • baru saja mengalami kehilangan banyak berat badan dan memiliki kulit perut kendur yang ingin segera dihilangkan
  • mengalami masalah kebersihan akibat kelebihan kulit yang menggantung di bawah daerah kemaluan
  • terus mengalami bisul, infeksi, dan masalah terkait lainnya
  • baru saja menjalani operasi bypass lambung atau penurunan berat badan bariatrik

 

  • Pemulihan 

Prosedur setelah operasi adalah saluran air (drain) dimasukkan ke dalam sayatan untuk mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh. Setelah pasien keluar dari rumah sakit, penting bagi pasien untuk beristirahat sebanyak mungkin agar tubuh pulih dari operasi. Pasien akan mengalami nyeri, memar, dan bengkak, efek samping ini diatasi oleh obat-obatan yang diresepkan oleh dokter bedah plastik bersertifikat. Pasien hanya diperbolehkan mandi spons dalam beberapa hari pertama setelah panniculektomy. Sangat penting untuk membatasi aktivitas fisik saat  mulai pulih dari olahraga, pastikan untuk tidak mengangkat beban melebihi 10 pon, atau melakukan latihan yang melibatkan gerakan perut. Kebanyakan pasien harus memakai pakaian kompresi untuk  mempercepat proses penyembuhan. Pasien dapat melanjutkan olahraga ringan dan aktivitas lain yang lebih intensif setelah enam minggu setelah operasi. Dan secara bertahap akan menjadi lebih kuat dan dokter bedah  akan memberi tahu  kapan harus melanjutkan aktivitas intensif lainnya.

  • Hasil

Proses pemulihannya mungkin lambat, namun hasil panniculectomy setelah penurunan berat badan secara besar-besaran dianggap permanen. Jika seseorang bisa mempertahankan berat badan,maka tidak perlu melakukan operasi lanjutan apa pun.

  • Efek samping 

Rasa sakit pada beberapa hari pertama pasca operasi adalah hal yang wajar. Kulit akan mati rasa, dan mati rasa bisa berlangsung selama beberapa minggu. Mati rasa ini disebabkan oleh dua area kulit yang dijahit setelah menghilangkan kelebihan kulit di antara keduanya selama operasi.

Retensi cairan adalah kemungkinan efek samping lain yang dapat diminimalkan dengan saluran pembuangan (drain)  yang dimasukkan ke dalam lambung setelah operasi. Selain itu, pasien masih sulit untuk berdiri tegak selama satu atau dua minggu karena proses penyembuhan. Efek samping berikut ini jarang terjadi, dan mungkin memerlukan perhatian medis darurat seperti :

  • Infeksi
  • palpitasi jantung
  • pendarahan yang berlebihan
  • nyeri dada
  • sesak napas

 

  • Tummy Tuck

Abdominoplasty atau tummy tuck bertujuan untuk memperbaiki lapisan dan menata ulang struktur otot perut yang mungkin mengalami perubahan lebih lanjut karena kendor, terbelah, atau diregangkan. Tummy Tuck dapat membentuk tubuh dan membantu mendapatkan sosok ramping dan langsing. Tentu saja, operasi tummy tuck adalah prosedur yang lebih invasif dan memberikan penampilan yang kencang dan rapi.

Pertanyaan umum dari banyak klien kami setelah penurunan berat badan yang signifikan adalah apakah mereka akan mendapat manfaat dari panniculektomi atau abdominoplasty. Meskipun perbedaan antara keduanya dapat membingungkan, perbedaan mendasar antara pannikulektomi dan abdominoplasty dapat diringkas berdasarkan prinsip desain bentuk vs. fungsi. Dalam kasus ini, panniculectomy berfungsi, sedangkan abdominoplasty bersifat kosmetik. Tummy Tuck juga dimaksudkan untuk menghilangkan kelebihan kulit. Perbedaan utamanya adalah operasi invasif ini biasanya dipilih karena alasan estetika dan tidak diperlukan secara medis seperti panniculectomy.

Dalam beberapa kasus, tummy tuck dapat membantu meringankan inkontinensia dan nyeri punggung. Dengan tummy tuck, dokter akan memotong kelebihan kulit sekaligus mengencangkan otot perut. Meskipun operasi itu sendiri tidak akan menghasilkan perut six pack, operasi ini akan memudahkan seseorang membentuk otot perut sendiri melalui olahraga di kemudian hari. Prosedur Tummy Tuck membutuhkan waktu 2 hingga 4 jam untuk diselesaikan. Meskipun pemotongan kulit mungkin tidak seluas panniculectomy, dokter bedah  tetap perlu membentuk dinding perut dengan tummy tuck. 

  • Kandidat 

Tummy Tuck cocok jika:

  • Sedang mencoba untuk menghilangkan “kantung perut” dari kehamilan baru-baru ini
  • Mengalami kesulitan menghilangkan kelebihan kulit di sekitar perut meskipun telah melakukan diet dan olahraga
  • Berada dalam kondisi kesehatan yang baik secara keseluruhan dan memiliki berat badan yang sehat
  • Telah berbicara dengan dokter bedah  dan  ingin melakukan operasi ini setelah panniculektomi

 

  • Hasil

Hasil Tummy Tuck juga dianggap permanen jika seseorang bisa menjaga berat badan yang sehat. Untuk meningkatkan peluang  mendapatkan hasil jangka panjang, dokter  menyarankan untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan stabil sebelum prosedur.

  • Efek samping 

Efek samping langsung dari tummy tuck seperti nyeri, memar, dan mati rasa. Pasien juga merasakan sedikit nyeri dan mati rasa beberapa minggu kemudian.

Efek samping yang jarang namun serius meliputi:

  • Infeksi
  • pendarahan yang berlebihan
  • komplikasi anestesi
  • trombosis vena dalam

 

Meskipun keduanya memperbaiki penampilan seseorang setelah penurunan berat badan yang signifikan dan prosedurnya sendiri cukup mirip, tujuan pemilihan panniculectomy atau tummy tuck sangatlah berbeda. Tujuan dari operasi panniculektomi adalah menghilangkan kulit dan lemak yang menggantung dari perut bagian bawah untuk menciptakan kontur perut yang lebih halus. Panniculectomy berbeda dengan tummy tuck karena otot perut biasanya tidak dikencangkan selama panniculectomy.

Panniculektomy dan tummy tuck memiliki tingkat keberhasilan yang serupa. Kuncinya adalah memastikan seseorang menurunkan berat badan sebelum operasi, karena menjaga berat badan sangat penting untuk mempertahankan perawatan. Tujuan dari kedua prosedur ini serupa: untuk menghilangkan kelebihan kulit dari perut. Namun, penting untuk mempelajari perbedaan utama antara keduanya agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baik panniculektomi maupun pengencangan perut menargetkan kulit perut bagian bawah. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk menghilangkan kulit kendur dan menggantung yang sering terbentuk setelah kehilangan banyak berat badan. Hal ini mungkin disebabkan oleh operasi seperti bypass lambung, penurunan berat badan secara alami, atau bahkan kehamilan.

 

 

     

 

     

 

 

Wah Queeners dapat ilmu baru nih dari artikel Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery. Sekarang tidak bingung lagi kalau mau melakukan prosedur penghilang lemak perut yang ganggu banget. Queeners bisa langsung datang ke Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery dan dapatkan konsultasi gratis dengan beautician kami untuk masalah dari Queeners. Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery memiliki dokter-dokter berpengalaman yang akan memberikan masukan dan saran terbaik untuk Queeners yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih yang sangat mengganggu kesehatan dan penampilan. 

Queeners bisa temukan Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok dan tentunya nomor telepon yang selalu bisa dihubungi dalam 24 jam. Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery juga merupakan satu-satunya klinik yang memiliki harga prosedur yang sangat terjangkau dengan hasil yang sangat memuaskan tentunya. Jadi jangan ragu lagi untuk hubungi kami dan dapatkan tubuh langsing dan sehat hanya di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery.

 

Konsultasi Gratis Langsung Seputar Operasi Panniculectomy dan Tummy Tuck

Klik https://queenplasticsurgery.id

WhatsApp 0812 9356 0404

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • OPERASI PLASTIK
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • PROMO BULAN INI
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @Queen Plastic Surgery 2024