PENGERTIAN TUMMY TUCK DAN OPERASI BARIATRIC

1 November 2023by Artikel Dokter0

Di Tinjau Oleh

12 Oktober 2023 | Dr.Linda Afiaty

 

Karena jumlah obesitas yang terus meningkat, pengobatan dan prosedur baru akan sangat diperlukan untuk mencapai penurunan berat badan. Prosedur bedah bariatrik atau bypass lambung adalah beberapa pilihan yang dapat menghasilkan penurunan berat badan permanen namun terbatas pada membantu pasien yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Sebaliknya, tummy tuck (pengencangan perut) tersedia untuk membantu pasien yang ingin memperbaiki penampilan bagian tengah tubuh mereka.

Beberapa orang ke dokter untuk melakukan tummy tuck (abdominoplasti). Sebaliknya, setelah mendengar ekspektasi dan kebutuhan mereka, dokter menyarankan operasi bariatrik (penurunan berat badan). Kesalahan persepsi ini disebabkan oleh kesalahpahaman masyarakat terhadap operasi tummy tuck (abdominoplasty).

Tummy Tuck atau Pengencangan perut atau abdominoplasty adalah operasi kosmetik, bukan pengobatan. Sebaliknya, operasi penurunan berat badan seperti penutupan lambung atau bypass lambung atau bariatrik dilakukan untuk mengatasi obesitas dan mengubah gaya hidup pasien.

 

Perbedaan Operasi Tummy Tuck (pengaturan perut) dan Operasi Bariatric (penurunan berat badan)

 Tummy Tuck atau Abdominoplasty adalah jenis kosmetik bedah yang dilakukan untuk mempercantik dan memperbaiki cacat perut setelah penurunan berat badan yang berlebihan atau kehamilan atau alasan lainnya. Operasi ini tidak dapat dianggap sebagai metode pengobatan obesitas atau menghilangkan lemak visceral.

Lemak visceral atau perut menumpuk di antara organ-organ dalam tubuh sehingga abdominoplasti tidak dapat mengobatinya. Lemak ini adalah yang paling membandel, sehingga sulit untuk dicairkan. Jika tidak diatasi, lemak ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2, resistensi insulin, Sindrom X, dan penyakit terkait obesitas lainnya.

Setelah menurunkan berat badan dan mencairkan lemak, pasien dapat menjalani tummy tuck untuk mengangkat otot dan menghilangkan kulit perut yang kendur.Sebaliknya, jika pasien menderita obesitas, solusi permanen terbaik adalah operasi bariatric (penurunan berat badan). Selongsong lambung, bypass lambung, balon lambung, dan beberapa jenis operasi penurunan berat badan lainnya merupakan cara untuk mengurangi lemak dan menurunkan indeks massa tubuh (BMI).

Jika seseorang ingin melakukan operasi bariatric,maka jangan melakukan tummy tuck karena tidak akan membantu mencairkan lemak.

Yang terjadi saat ini justru kebanyakan orang mencari diet penurunan berat badan yang cepat atau operasi kosmetik seperti sedot lemak dan tummy tuck daripada solusi penurunan berat badan yang terbaik. Operasi Bariatric (penurunan berat badan) adalah cara paling aman dan efektif untuk mendapatkan kembali kesehatan yang baik.

Tentu saja, operasi bariatric (penurunan berat badan) memiliki jenis yang berbeda-beda, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meminta pasien perlu menjalani operasi kedua (tummy tuck dan operasi bariatric). Dalam hal ini, operasi bariatrik (penurunan berat badan) sebaiknya dilakukan sebelum tummy tuck. Keuntungannya adalah berat badan pasien tidak lagi bertambah setelah tummy tuck, dan perut tidak menonjol lagi.

Kami tegaskan kembali bahwa abdominoplasty atau tummy tuck merupakan operasi kosmetik. Sebaliknya, operasi bariatric (penurunan berat badan) adalah pengobatan untuk obesitas dan penyakit terkait.

Karena semakin banyaknya pasien yang mencari cara untuk mencapai penurunan berat badan yang signifikan dan penampilan yang lebih terpahat, dua pilihan yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir adalah Bedah Tummy Tuck dan Bedah Bariatric (Bypass Lambung). Meskipun kedua prosedur tersebut bertujuan untuk membantu pasien mencapai bentuk tubuh yang lebih langsing dan kepercayaan diri yang lebih besar, keduanya sangat berbeda dalam pendekatan, hasil, dan kelayakannya.

 

Tummy Tuck VS Operasi Bariatrik

 Tummy Tuck, juga dikenal sebagai Abdominoplasty, adalah prosedur bedah kosmetik yang menghilangkan kelebihan kulit dan lemak dari area perut sekaligus mengencangkan otot-otot di bawahnya. Prosedur ini ideal untuk pasien yang mengalami penurunan berat badan secara signifikan dan kulitnya kendur, otot perut melemah, dan stretch mark. Ini juga merupakan solusi terbaik bagi mereka yang ingin memiliki perut bagian bawah yang membuncit. Tummy Tuck dapat dilakukan dengan sedot lemak untuk membentuk garis pinggang lebih jauh dan memperbaiki bentuk tubuh secara keseluruhan.

Kandidat yang memenuhi syarat untuk Tummy Tuck memiliki BMI 30 atau lebih rendah.

Operasi Bariatric atau Bedah Bypass Lambung, juga dikenal sebagai Bypass Lambung Roux-en-Y, adalah operasi penurunan berat badan yang melibatkan pembuatan kantong perut kecil dan mengubah rute usus kecil ke kantong baru ini. Intervensi bedah ini membatasi jumlah makanan yang boleh dimakan pasien dalam satu waktu, meminimalkan rasa lapar seiring berjalannya waktu, dan mengurangi jumlah kalori dan nutrisi yang diserap tubuh. Operasi Bariatric sangat ideal bagi pasien yang memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) 40 atau lebih tinggi atau memiliki BMI 35 atau lebih tinggi dan mempunyai kondisi medis terkait, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi.

 

Operasi Bariatric atau Bedah Bypass Lambung dianggap sebagai operasi penurunan berat badan dan prosedur bariatrik.

  • Perbedaan Utama kedua posedur adalah

Tummy Tuck adalah prosedur bedah kosmetik yang menghilangkan kelebihan kulit dan lemak dari area perut sekaligus mengencangkan otot-otot di bawahnya. Sebaliknya, Operasi Bariatric (Bedah Bypass Lambung) adalah operasi penurunan berat badan yang melibatkan pembuatan kantong perut kecil dan mengubah rute usus kecil ke kantong baru ini untuk membatasi jumlah makanan yang dapat dimakan pasien sekaligus dan mengurangi jumlah kalori yang diserap oleh tubuh.

  • Manfaat Operasi Tummy Tuck
  1. Dapat menghilangkan kelebihan kulit dan lemak di area perut sehingga menghasilkan penampilan lebih langsing dan kencang
  2. Mengencangkan otot perut di bagian bawah, yang dapat meningkatkan kekuatan inti dan postur tubuh
  3. Dapat meningkatkan kepercayaan diri dan citra tubuh
  4. Lebih murah dibandingkan Operasi Bariatric
  5. Waktu pemulihan lebih singkat dibandingkan dengan Operasi Bariatrik
  6. Kekurangan Dan Resiko Operasi Tummy Tuck
  7. Bekas luka, meskipun bekas luka biasanya memudar seiring berjalannya waktu dan dokter bedah dapat secara strategis “menyembunyikan” bekas luka tersebut sebagai bagian dari prosedur.
  8. Bahaya komplikasi seperti infeksi, pendarahan dan pembekuan darah
  9. Ketidaknyamanan dan nyeri sementara setelah operasi

Bukan prosedur penurunan berat badan, sehingga pasien harus tetap menjaga pola makan sehat dan pola olahraga untuk mempertahankan hasil

  • Manfaat Operasi Bariatrik
  1. Dapat mengakibatkan penurunan berat badan yang signifikan, sering kali mengarah pada perbaikan kondisi medis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi
  2. Dapat mengarah pada peningkatan kualitas hidup dan peningkatan mobilitas
  3. Tingkat keberhasilan menurun berat badan jangka panjang umumnya tinggi
  4. Kekurangan Dan Resiko Operasi Bariatrik
  5. Bahaya komplikasi seperti infeksi, pendarahan dan pembekuan darah
  6. Anastomosis Kebocoran; hal ini berpotensi menyebabkan kondisi yang lebih parah yang disebut “Peritonitis”
  7. “Sindrom Dumping” di mana sebagian makanan lengkap masuk ke usus kecil tanpa dicerna
  8. Malnutrisi dan kekurangan vitamin akibatnya berkurangnya penyerapan nutrisi
  9. Kemungkinan diperlukannya operasi tambahan di masa depan, termasuk Tummy Tuck untuk menghilangkan kelebihan kulit dan mengencangkan otot perut setelah penurunan berat badan yang signifikan
  10. Bekas luka di titik sayatan
  11. Waktu pemulihan lebih lama dibandingkan dengan Tummy Tuck

 

Keputusan untuk menjalani antara Operasi Tummy Tuck dan Operasi Bariatric tergantung pada beberapa faktor berikut :

  • Kesehatan secara keseluruhan saat ini, termasuk penyakit/komplikasi yang disebabkan oleh beratnya badan
  • Tujuan penurunan berat badan
  • Tujuan kosmetik

Kesimpulan

Perbedaan Operasi Tummy Tuck dan Operasi Bariatric

Operasi bariatrik fokus pada penurunan berat badan bukan pembentukan tubuh. Prosedur penurunan berat badan, seperti operasi bariatrik (operasi bypass lambung) akan membatasi asupan kalori pasien dengan mengecilkan ukuran perut secara fisik. Hal ini dapat membantu individu yang kelebihan berat badan menurunkan berat badan dengan aman jika mereka kesulitan mengontrol apa yang mereka makan. Sebaliknya, operasi pembentukan tubuh tidak berpengaruh pada nafsu makan, pencernaan, atau metabolisme dan tidak akan menyebabkan penurunan berat badan melebihi berat jaringan yang diangkat selama prosedur.

Operasi Bariatric (penurunan berat badan) bersifat medis, sedangkan Tummy Tuck (pembentukan tubuh) pada bersifat kosmetik. Operasi Bariatric (penurunan berat badan) tidak dimaksudkan untuk memperbaiki penampilan secara langsung, tujuannya hanyalah membatasi nafsu makan, membantu seseorang menurunkan berat badan. Tujuan utama Tummy Tuck (pembentukan tubuh) adalah untuk mendapatkan penampilan yang lebih estetis, bukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kesehatan fisik.

Operasi Bariatric (penurunan berat badan) tidak dapat menghilangkan kelebihan kulit atau memperbaiki proporsi tubuh, tetapi Tummy Tuck (pembentukan tubuh) dapat melakukannya. Banyak pasien yang mengalami kulit berlebih dan kendur setelah operasi penurunan berat badan bariatrik karena telah mengalami penurunan berat badan yang cepat. Oleh karena itu, pasien sering kali memilih untuk menjalani Tummy Tuck (pembentukan tubuh) setelah operasi Bariatric (penurunan berat badan) untuk membantu menghilangkan kelebihan kulit dan mendapatkan bentuk yang lebih estetis.

Queeners, ketika kamu mencari tempat yang tepat untuk melakukan perawatan di atas, jangan khawatir dan bingung langsung datang dan konsultasi di Klinik Queen Plastic Surgery. Demi memastikan keamanan pasien, semua kegiatan perawatan dan operasi Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery telah didukung oleh peralatan modern dan tim dokter spesialis yang ahli di bidangnya selama lebih dari 30 tahun. Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery sudah memiliki puluhan pasien yang rela mengantri untuk melakukan operasi di klinik ini. Yang menjadi salah satu keunggulan klinik ini adalah operasi dan perawatan dengan harga yang sangat-sangat terjangkau tetapi hasil operasi yang bisa di bandingkan deh sama klinik besar lainnya yang ada di Jakarta. Mereka pun memiliki pelayanan yang sangat ramah dan tempat yang luas.

Jadi tunggu apalagi, langsung hubungi hotline Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery yang akan melayani Queeners untuk konsultasi dan mengarahkan Queeners untuk melakukan prosedur atau tindakan apa yang cocok untuk Queeners tercinta. Silakan hubungi  Klinik Kecantikan Inov Glow Plastic Surgery dan jadikan diri Anda semakin cantik dan berkilau.

 

Konsultasi Gratis Langsung Seputar tummy Tuck Dan Operasi Bariatric

Klik ke : https://queenplasticsurgery.id 

WhatsApp : 0812 9356 0404

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • OPERASI PLASTIK
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • PROMO BULAN INI
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @Queen Plastic Surgery 2024