PERAWATAN ANTI PENUAAN UNTUK LEHER 

2 Desember 2023by Artikel Dokter0
Di Tinjau Oleh :

01 Desember 2023 | Dr. Linda Afiaty

 

PERAWATAN ANTI PENUAAN UNTUK LEHER 

 

Seiring berjalannya waktu, leher juga akan kehilangan kekencangan kulitnya, dan mulai menunjukkan tanda-tanda awal penuaan. Efek samping umum dari penuaan di leher adalah munculnya rahang di sekitar area pipi bawah, mengarah ke dagu. Kerutan horizontal juga dapat muncul di leher seiring hilangnya kekencangan dan volume di area sekitarnya. Leher  mulai melorot secara signifikan, terutama jika terjadi penurunan berat badan yang signifikan. Pria dan wanita dari segala usia dapat menderita penampilan “leher kalkun” karena kulit di sekitar area rahang dan leher kehilangan kelenturannya dan terjatuh karena gaya gravitasi. Inilah salah satu alasan utama mengapa kebanyakan orang memilih perawatan peremajaan leher.

Leher sering kali menjadi area pertama yang terkena berbagai tanda penuaan. Bahkan mereka yang menjalani perawatan kulit lengkap seringkali lupa mengaplikasikan pelembab atau tabir surya pada area leher. Akibatnya, kolagen dan elastin di kulit mungkin terurai lebih cepat daripada produksinya, sehingga menyebabkan munculnya kerutan, kulit kendur, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. 

Untungnya, ada banyak pilihan non-bedah yang dapat membantu meremajakan tampilan leher yang menua. Thermage, Kybella, Dermal Fillers, Botox, Coolsculpting, dan Microneedling adalah beberapa pilihan perawatan kosmetik non-bedah yang paling populer untuk meremajakan tampilan area leher. Kombinasi unik dari prosedur non-invasif yang paling sesuai untuk mengatasi permasalahan kulit  dan memberikan hasil estetika yang ideal. 

 

  • Mengapa leher menua begitu cepat?

Sebagai bagian dari proses penuaan alami, kolagen kulit akan rusak dan terkuras. Kolagen adalah protein di kulit yang berkontribusi pada pondasi yang kokoh dan berperan pada penampilan awet muda. Seiring waktu kolagen akan hilang dan tanda-tanda penuaan mulai muncul. Kulit leher lebih tipis dibandingkan area tubuh lainnya dan memiliki jumlah kolagen yang lebih sedikit, sehingga lebih rentan terhadap penuaan lebih cepat. Sangatlah penting untuk membatasi paparan sinar matahari dan memanfaatkan rutinitas perawatan kulit anti penuaan yang mencakup area leher untuk menjaga leher terlihat dan terasa awet muda.

 

 

 

Apakah Kerutan Leher Merupakan Genetik?

Genetika dapat berperan dalam prevalensi dan tingkat keparahan garis leher seseorang. Melakukan latihan yang ditargetkan untuk memperkuat otot leher dan mengikuti rutinitas perawatan kulit yang tepat yang melibatkan area leher adalah dua metode yang berguna untuk mencegah pembentukan kerutan di leher, namun kerutan leher yang disebabkan oleh faktor genetik mungkin sulit untuk ditangani. Perawatan bertujuan untuk mengurangi munculnya kerutan di leher  dengan mengandalkan metode perawatan non-invasif seperti suntikan dermal filler dan perawatan  laser untuk menciptakan penampilan yang lebih halus dan awet muda.

Penyebab “Leher Kalkun“

Pada umumnya terdapat kombinasi beberapa faktor yang berkontribusi terhadap munculnya “leher kalkun”. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi munculnya “ leher kalkun “  adalah jumlah kolagen di kulit leher dibandingkan area tubuh lainnya. Kolagen adalah protein alami di kulit yang memberikan pondasi dan penampilan awet muda dan kenyal. Jumlah kolagen di kulit leher lebih sedikit dibandingkan area tubuh lainnya sehingga area leher menjadi rentan terhadap munculnya tanda-tanda penuaan.

 

 

 

Peremajaan Leher Kendur 

Dengan bantuan seorang profesional medis, dokter bisa melakukan peremajaan pada leher yang kendur karena penuaan.  Kulit kendur, garis-garis halus dan kerutan, serta hilangnya volume adalah masalah kulit yang dapat diatasi dengan prosedur kosmetik non-invasif. Penting untuk memilih klinik bedah plastik  dengan dokter yang sudah berpengalaman yang diperlukan untuk memilih dan melakukan perawatan yang paling tepat untuk kondisi kulit spesifik Anda. 

  • Neck Lift (Angkat Leher)

Neck Lift yang dilakukan sebagai prosedur mandiri atau dikombinasikan dengan Facelift jika di klinik kami termasuk dalam prosedur Super Facelift, yang  merupakan standar terbaik dalam peremajaan leher. Selama prosedur, kelebihan kulit dan lemak leher dihilangkan dan jaringan diangkat dan dikencangkan. Kemudian, sisa kulit disampirkan kembali dengan halus di leher.

  • Liposuction Leher

Jika leher dan rahang telah menumpuk lemak berlebih dalam jumlah besar, liposuction dapat dilakukan untuk menghilangkan lemak dan membentuk kontur leher dengan lembut. Pada sebagian besar pasien di bawah usia 35 atau 40 tahun, liposuction saja dapat memperbaiki kontur leher secara signifikan tanpa prosedur pengangkatan. Namun, seiring bertambahnya usia, kemungkinan besar diperlukan prosedur pengangkatan juga untuk mengatasi kelemahan setelah kelebihan lemak dihilangkan melalui liposuction.

  • Facelift 

Facelift bekerja dengan cara mengencangkan kulit dan otot wajah, sekaligus terkadang juga menghilangkan kulit dan lemak. Produk ini mengoreksi tanda-tanda penuaan secara komprehensif dengan berfokus pada area wajah tengah dan bawah. Sasarannya adalah kulit yang kendur, perpindahan lemak atau jaringan kendur di pipi, lipatan di bawah kelopak mata bawah, kelebihan kulit dan lemak di sepanjang garis rahang, serta alur di antara hidung dan sudut mulut.

  • Botox dan Dermal Filler  

Tidak setiap pasien memerlukan pembedahan untuk peremajaan pada leher yang menua. Suntikan anti-penuaan dapat mengatasi kerutan dan lipatan pada leher untuk menciptakan kontur leher yang lebih halus dan elegan meskipun perubahannya biasanya lebih halus dibandingkan dengan perawatan bedah dan diperlukan perawatan ulang untuk mempertahankan manfaat perawatan suntikan.

Botox dan Dermal Filler  adalah pilihan perawatan suntik yang dapat mengendurkan otot leher target untuk sementara. Ketika disuntikkan ke otot leher untuk menarik garis rahang ke bawah, Botox dapat secara halus mengubah bentuk rahang dan leher, membuatnya tampak lebih ramping dan tidak kendur.

Dermal Filler dengan kandungan asam hialuronat biasanya digunakan untuk menghilangkan munculnya kerutan dan garis halus yang terbentuk akibat hilangnya volume dan kerusakan kolagen. Asam hialuronat adalah zat yang secara alami ditemukan di kulit dan berkontribusi terhadap penampilan yang kenyal, terhidrasi, dan awet muda. Hasil perawatan yang terkait dengan filler asam hialuronat umumnya bertahan hingga satu tahun.

  • Sculptra 

Adakah suntikan pengisi kulit populer yang terdiri dari zat yang disebut asam poli-L-laktat dan biasanya digunakan untuk mengurangi munculnya garis leher dan kerutan. Setelah disuntikkan, Sculptra merangsang produksi kolagen baru di kulit. Kolagen adalah protein alami di kulit yang berkontribusi terhadap tekstur kencang dan penampilan awet muda. Saat kolagen baru tercipta, cekungan pada kulit yang berhubungan dengan garis leher dan leher yang menua terisi, dan tekstur kulit pada akhirnya menjadi lebih rata. Kebanyakan pasien memerlukan rangkaian singkat tiga sesi perawatan dengan suntikan Sculptra untuk mencapai hasil kosmetik ideal mereka. Meskipun efek Sculptra bertahan lama dan biasanya bertahan hingga dua tahun, banyak pasien memilih untuk melakukan sesi pemeliharaan tahunan untuk mempertahankan hasil optimal.

Banyak pasien mungkin memilih untuk menggabungkan perawatan suntikan Sculptra dengan pengisi kulit asam hialuronat untuk memaksimalkan hasil akhir. Pada akhirnya, perawatan dermal filler yang paling sesuai dengan situasi Anda akan bergantung pada kebutuhan spesifik dan tujuan estetika Anda. Dr. Green akan bekerja sama dengan Anda untuk membuat protokol perawatan khusus yang menggabungkan prosedur di kantor dan produk yang diformulasikan khusus yang akan memberikan hasil yang tampak alami dan tahan lama.

  • Mesolipo

Bagi mereka yang khawatir dengan kelebihan lemak yang mengaburkan sudut alami antara garis rahang dan leher, maka Mesolipo (lipolisis) dapat membantu. Perawatan non-bedah ini melarutkan lemak submental yang tidak diinginkan melalui serangkaian suntikan untuk mendapatkan dagu dan rahang yang lebih ramping dan tegas. Produk suntik ini diformulasikan dengan asam deoksikolat, molekul alami yang membantu memecah dan menyerap lemak.  Mesolipo dapat dengan mudah diberikan di klinik kami dalam waktu yang relatif singkat.  Untuk mendapatkan hasil kosmetik terbaik secara keseluruhan, pasien biasanya memerlukan dua hingga empat sesi perawatan yang masing-masing berjarak satu bulan.

Mesolipo adalah suntikan kosmetik yang dirancang untuk mengurangi jumlah lemak di area yang dirawat, memberikan kontur pada garis rahang dan leher, serta memperbaiki tampilan area submental secara keseluruhan. Setelah disuntikkan, secara permanen akan menghancurkan sel-sel lemak yang terkena di area perawatan. 

Pasien mungkin akan mengalami pembengkakan di area submental setelah mendapat suntikan , dan ini adalah reaksi normal terhadap pengobatan yang menunjukkan bahwa sel-sel lemak secara efektif dilarutkan. Efek samping yang umum ini biasanya berlangsung selama beberapa hari dan kemudian hilang dengan sendirinya. Meskipun lebih jarang dialami, beberapa pasien mungkin mengalami memar ringan di atau dekat tempat suntikan, yang juga akan hilang dalam beberapa hari. 

 

Bisakah Botox membantu leher yang menua?

Botox  adalah racun saraf yang dapat disuntikkan yang berasal dari toksin botulinum tipe A dan digunakan secara kosmetik untuk mencegah atau mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan yang dinamis. Kerutan dinamis adalah kerutan yang terbentuk seiring berjalannya waktu sebagai respons terhadap gerakan berulang otot wajah dan leher terkait ekspresi. Botox bekerja dengan melumpuhkan sementara otot-otot tertentu yang berhubungan dengan ekspresi, sehingga mengurangi garis-garis halus dan tekstur kulit secara keseluruhan menjadi lebih halus. Untuk merawat leher yang menua, Botox dapat disuntikkan untuk mencegah otot leher tampak tegang dan menua. “Nefertiti Lift” adalah nama umum untuk prosedur kosmetik populer yang melibatkan penyuntikan Botox ke pita platysma dan sepanjang garis rahang untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan serta menghasilkan efek mengangkat dan meremajakan area leher.

 

Cara Mencegah Penuaan Kulit Leher

Membatasi paparan sinar matahari di area leher dan mematuhi protokol perlindungan sinar matahari yang tepat adalah dua faktor terpenting dalam mencegah penuaan kulit leher. Munculnya leher yang menua dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor termasuk genetika, perawatan kulit, gaya hidup/kebiasaan, dan banyak lagi. Leher memiliki jumlah kolagen yang relatif lebih rendah dibandingkan area tubuh lainnya, sehingga lebih rentan terhadap munculnya tanda-tanda penuaan. Untuk mencegah tanda-tanda penuaan leher dengan sebaik-baiknya, pasien harus mematuhi protokol tabir surya yang tepat dan berkonsultasi dengan dokter kulit yang berpengalaman. 

 

 

     

 

 

 

Banyak orang yang ingin memiliki wajah yang terlihat muda dijaman sekarang dan masih bingung caranya gimana, salah satunya yaitu dengan prosedur yang sudah dijelaskan diatas. Bingung juga Klinik yang tepat dan terjamin dimana? Jangan khawatir sekarang ada Klinik yang terjamin kualitasnya dan nyata adanya, apa lagi kalau bukan Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery yang terletak di Jakarta dan Solo Jawa Tengah. Ayo konsultasikan dirimu karena dengan konsultasi kalian tidak akan dikenakan biaya apapun atau kalian bisa langsung datang ke Klinik Kecantikan Queen kalian boleh cek Hotline dibawah ini untuk selanjutnya dan nikmati promo-promo yang menunggumu.

 

Konsultasi Gratis Langsung Seputar Perawatan Leher

Klik https://queenplasticsurgery.id

WhatsApp 0812 9356 0404

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • OPERASI PLASTIK
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • PROMO BULAN INI
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @Queen Plastic Surgery 2024