PERAWATAN BEDAH DAN NON BEDAH UNTUK PEREMAJAAN VAGINA

1 November 2023by Artikel Dokter0
Di Tinjau Oleh :

01 November 2023 | Dr. Linda Afiaty
PERAWATAN BEDAH DAN NON BEDAH UNTUK PEREMAJAAN VAGINA

 

 

 

Peremajaan vagina, juga dikenal sebagai peremajaan kewanitaan atau operasi plastik alat kelamin wanita, adalah istilah umum yang berlaku untuk serangkaian prosedur (baik bedah maupun non-bedah) yang dapat mengatasi berbagai masalah berbeda. Ada perawatan peremajaan vagina yang ditujukan untuk menyempurnakan penampilan alat kelamin wanita, meningkatkan fungsinya (yaitu, meningkatkan kenikmatan seksual atau memperbaiki stres inkontinensia urin), atau untuk mencapai kedua hal tersebut secara bersamaan. Selain itu juga dapat dilakukan untuk mengatasi area dalam (internal) atau luar (eksternal) vagina.

Peremajaan kewanitaan berguna untuk mengatasi perubahan pada alat kelamin wanita yang timbul akibat kehamilan dan persalinan, penuaan, trauma, atau kelainan genetik. Meskipun beberapa prosedur dapat meningkatkan fungsi dan kenikmatan seksual, operasi plastik alat kelamin wanita dalam banyak kasus hanya bersifat kosmetik.

Labiaplasty dan vaginoplasty mungkin merupakan prosedur peremajaan vagina yang paling terkenal, namun ada sejumlah perawatan bedah dan nonbedah lain yang tersedia untuk organ seksual wanita bagian dalam dan luar.

  • Prosedur Bedah Vagina

Prosedur bedah yang mengatasi vagina bagian dalam membantu memperbaiki kelemahan atau hilangnya kekencangan, prolapsed vagina, penurunan pelumasan, penurunan sensasi seksual atau nyeri saat berhubungan seks.

 

  • Vaginoplasty

Vaginoplasty mengencangkan saluran vagina. Vagina bisa menjadi kendur atau membesar setelah melahirkan atau karena penuaan. Vaginoplasty membantu mengatasi kelemahan otot dengan melakukan operasi pengangkatan kulit berlebih dan mendekatkan dinding vagina untuk mendapatkan bukaan yang lebih kecil dan saluran yang lebih rapat. Selama vaginoplasty, dokter bedah plastik membuat sayatan pada dinding vagina, kemudian memotong sebagian dinding tersebut. Otot bagian dalam vagina juga akan dikencangkan sehingga membantu memperkecil ukuran saluran. Seperti halnya labia minora, vagina bisa meregang akibat persalinan normal, fluktuasi hormon, atau penuaan.

  • Perineoplasty

Perineum adalah kulit antara anus dan vagina. Area ini terkadang pecah saat melahirkan, atau sengaja dipotong saat proses melahirkan normal agar tidak robek. Perineoplasty mengencangkan otot posterior dan menghilangkan kelebihan kulit di dalam dan di luar vagina. Ini terutama direkomendasikan bagi mereka yang ingin menjaga estetika perineum setelah melahirkan.

  • Hymenoplasty

Hymenoplasty adalah teknik bedah untuk merekonstruksi selaput dara yang rusak. Prosedur ‘revirginisasi’ ini penting dalam beberapa budaya dan bagi sebagian wanita, dapat membantu penyembuhan trauma seksual masa lalu atau riwayat seksual yang tidak diinginkan. Semua prosedur pembedahan tersebut biasanya memerlukan waktu 30 hingga 60 menit untuk diselesaikan dan tidak memerlukan rawat inap. Tindakan ini dapat dilakukan dengan anestesi umum atau kombinasi anestesi lokal dan sedasi. Pemulihan membutuhkan waktu 6-8 minggu.

 

 

  • Prosedur Bedah Vulva 

Vulva adalah bagian luar alat kelamin wanita dan meliputi labia mayora dan labia minora, klitoris, dan gundukan kemaluan. Prosedur bedah untuk restorasi vulva sebagian besar bersifat kosmetik.

 

  • Labiaplasty

Labiaplasty adalah operasi populer untuk mengatasi labia minora yang tidak rata, membesar, rusak karena melahirkan, atau kendur karena usia. Prosedur ini memotong jaringan berlebih untuk menghilangkan ketidaknyamanan akibat tarikan atau iritasi, dan untuk memperbaiki penampilan. Ada juga banyak teknik labiaplasty yang berbeda, masing-masing menawarkan manfaat berbeda.

Selama labiaplasty, dokter bedah plastik akan membuat sayatan di labia untuk menghilangkan kelebihan kulit. Seringkali, wanita memutuskan untuk menjalani labiaplasty karena bibir bagian dalam, atau labia minora, menggantung di bawah bibir luar, atau labia mayora. Labia minora bisa meregang akibat persalinan normal atau penuaan. Beberapa wanita dilahirkan dengan labia minora yang lebih panjang dari rata-rata, sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Mengecilkan ukuran labia minora tidak hanya bisa membuat wanita lebih nyaman, tapi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

 

  • Augmentasi Labia dengan Transfer Lemak

Augmentasi labia adalah prosedur kosmetik yang menambah labia dengan suntikan lemak. Lemak dikeluarkan dari perut atau paha melalui sedot lemak, kemudian disuntikkan ke labia untuk mengatasi kerutan atau kendur.

  • Pengurangan Bentuk Klitoris

Sering dilakukan bersamaan dengan labiaplasty, pengurangan bentuk klitoris untuk mengatasi ketidaknyamanan saat mengenakan pakaian ketat dan dapat meningkatkan kenikmatan seksual. Kulit berlebih akan dihilangkan, sehingga memperlihatkan lebih banyak jaringan sensitif di bawahnya.

  • Monsplasty (pengurangan FUPA)

Monsplasty, juga dikenal sebagai pengencangan kemaluan, mengatasi kelebihan lemak atau kulit di mons pubis. Tindakan ini sering dilakukan pada pasien yang baru saja kehilangan banyak berat badan, sehingga menyebabkan kulit kendur.

Prosedur tersebut sering kali dilakukan bersamaan dengan sedot lemak, pengencangan perut, atau makeover ibu. Sebagian besar dapat dilakukan dengan anestesi lokal dan memerlukan masa pemulihan 4-6 minggu. Aktivitas seksual dapat dilanjutkan setelah 6-8 minggu.

 

  • Prosedur Non Bedah Vagina 

Peremajaan vagina non-bedah bertujuan untuk memperbaiki atrofi vagina, disfungsi seksual, dan gejala lain yang timbul akibat penuaan, persalinan, atau perubahan kadar hormon. Karena bersifat non-bedah, terapi ini biasanya memerlukan paket perawatan untuk mendapatkan hasil terbaik. Tersedia beberapa jenis peremajaan vagina non-bedah. Jenis yang tepat untuk seseorang sebagian besar bergantung pada tujuan keseluruhan prosedur tersebut. Beberapa wanita memilih prosedur peremajaan vagina non-bedah yang menggunakan energi laser atau frekuensi radio untuk memanaskan jaringan di dalam vagina.

Prosedur non-bedah untuk peremajaan vagina biasanya memakan waktu kurang dari 15 menit dan tidak memerlukan waktu pemulihan. Namun, prosedur ini tidak bersifat permanen dan mungkin memerlukan perbaikan setiap 6-12 bulan.

 

  • O-Tembakan

O-shot menyuntikkan PRP tubuh sendiri, plasma kaya trombosit, ke dalam klitoris dan dinding vagina untuk meningkatkan sensitivitas seksual. Suntikan ini merangsang aliran darah, meningkatkan pelumasan dan dapat membuat penampilan lebih muda.

  • G-Shot

G-shot meningkatkan kenikmatan seksual dengan menyuntikkan asam hialuronat ke Grafenberg Spot, atau G-spot. Hal ini membuat area tersebut menjadi lebih besar untuk kontak selama hubungan seksual dan juga dapat meningkatkan sensitivitas.

  • Peremajaan Vagina dengan Laser (FemTouch)

FemTouch adalah metode peremajaan vagina berbasis laser yang tidak memerlukan pembedahan. Prosedur ini mengentalkan dinding vagina untuk meningkatkan kenikmatan seksual, meningkatkan pelumasan alami dan mengurangi inkontinensia urin.

Biasanya, selama pengobatan dengan frekuensi radio atau energi laser, tongkat kecil dimasukkan ke dalam vagina. Energi yang dihasilkan tongkat membantu mendorong produksi kolagen, yang pada gilirannya membantu mengencangkan dinding saluran vagina.

Selain mengencangkan saluran vagina, pengobatan dengan frekuensi radio atau energi laser juga dapat membantu mengurangi inkontinensia stres dan dapat memperbaiki kekeringan vagina. Kedua pilihan perawatan non-bedah ini dapat membantu memperbaiki warna dan ukuran labia mayora.

Pilihan non-bedah lainnya untuk peremajaan vagina melibatkan penggunaan bahan pengisi untuk membantu meningkatkan kepuasan seksual atau orgasme.

 

Kandidat Peremajaan Vagina :

  • Wanita yang mengalami kelonggaran, kelemahan, atau inkontinensia vagina
  • Wanita baru saja kehilangan banyak berat badan
  • Wanita yang mengalami ketidaknyamanan fisik saat berhubungan intim atau saat mengenakan pakaian ketat
  • Merasa kurang percaya diri  dengan penuaan alam di area genital 
  • Ketidaknyamanan emosional mengenai penampilan vulva 

 

Meskipun peremajaan vagina dapat meningkatkan kenikmatan seksual, hal ini tidak diindikasikan sebagai pengobatan untuk disfungsi psikoseksual seperti libido rendah, ketidakseimbangan hormon, atau ketidakmampuan untuk orgasme. Selain itu, peremajaan vagina merupakan kontraindikasi jika wanita sedang mencoba untuk hamil atau jika  mengalami infeksi atau penyakit apa pun pada vagina, rahim, atau endometrium.

Meskipun bedah peremajaan vagina menawarkan banyak manfaat kosmetik, namun juga memiliki manfaat fungsional. Beberapa wanita melihat adanya perbaikan pada inkontinensia urin setelah vaginoplasty serta peningkatan fungsi dan kenikmatan seksual.

 

Pemulihan 

Pemulihan setelah peremajaan vagina melalui pembedahan berbeda dengan pilihan non-bedah. Biasanya, masa pemulihan setelah perawatan bedah lebih lama dibandingkan dengan perawatan non-bedah. Setelah bedah vaginoplasty atau labiaplasty, pasien disarankan untuk istirahat dari kegiatan/ aktivitas ringan selama 5 hari. 

Pasien juga sebaiknya menghindari olahraga dan aktivitas berat selama beberapa minggu setelah operasi. Aktivitas berat biasanya mencakup seks. Untuk membantu area tersebut sembuh dengan cepat, pasien juga disarankan untuk tidak menggunakan tampon selama beberapa minggu setelah operasi.

Setelah peremajaan vagina non-bedah, pasien  akan merasakan ketidaknyamanan, terutama pada hari perawatan. Dokter akan memberikan obat-obatan untuk mengatasi rasa ketidaknyamanan selama masa pemulihan. Seperti halnya peremajaan vagina melalui pembedahan, sebaiknya hindari hubungan seksual dan penggunaan tampon setelah peremajaan vagina non-bedah, setidaknya selama sekitar satu minggu setelah perawatan.

 

Hasil 

Perbedaan penting lainnya antara perawatan peremajaan vagina bedah dan non-bedah adalah durasi hasilnya dan seberapa sering perawatan harus diulang. Umumnya, hasil dari operasi peremajaan vagina bertahan lama, bahkan  permanen. Tubuh akan terus menua, jadi mungkin ada beberapa perubahan penting di area vagina akibat penuaan, bahkan setelah operasi.

Biasanya, hasil perawatan peremajaan vagina non-bedah tidak bertahan lama. Seringkali seseorang disarankan untuk mengulangi perawatan setiap enam bulan jika ingin mempertahankan hasilnya.

Prosedur peremajaan vagina melalui pembedahan biasanya memerlukan komitmen waktu yang lebih lama di awal dan sering kali memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan pilihan non-bedah. Namun kekurangannya adalah  biasanya hanya memerlukan satu prosedur bedah untuk mendapatkan hasil yang  diinginkan. 

Jika Anda tertarik dengan peremajaan vagina, mengetahui perbedaan antara pilihan bedah dan nonbedah, termasuk hasil dan pemulihan sesuai dengan yang diharapkan dapat membantu untuk  memutuskan perawatan yang terbaik untuk Anda.

 

 

     

 

Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kekhawatiran tentang bentuk atau tampilan vagina Anda Queeners, penting untuk diingat bahwa memahami variasi alami bentuk vagina adalah bagian dari menghormati keragaman tubuh manusia. dan semua variasi bentuk dan tampilan vagina yang sehat adalah normal. Yang paling penting adalah menjaga kesehatan dan kenyamanan Anda sendiri. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang bentuk atau tampilan vagina anda,  atau jika Anda mengalami perubahan tampilan yang drastis, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik yang sudah berpengalaman di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery. Karena hanya di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery Anda dapat melakukan perubahan tampilan vagina Anda dengan tindakan operasi plastik seperti Vaginoplasty untuk area bagian luar Vagina yang bertujuan untuk mengencangkan dan menguatkan dinding vagina dengan menghilangkan kelebihan lapisan vagina, jaringan, dan mengencangkan otot-otot vagina. Serta Labiaplasty untuk area bagian luar pada bagian tubuh tertentu yang menjadi sasaran. Vagina adalah otot berbentuk saluran dari leher rahim ke bukaan tubuh, sedangkan Labia adalah lipatan kulit yang melindungi bukaan vagina itu sendiri. Operasi tersebut berfungsi untuk menjaga elastisitas vagina. Dan terdapat pula Hymenoplasty, yaitu prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk merekonstruksi atau memperbaiki selaput dara (himen) pada wanita.

Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis bedah plastik yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun dan tentunya sudah memiliki Tiga Surat Izin Praktek (SIP) yang resmi, dan tindakan operasi tersebut hanya dilakukan di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery yang terdapat di tiga lokasi, yakni area Jakarta meliputi Sunter Jakarta Utara, Radio Dalam Jakarta Selatan, serta di Solo Jawa Tengah. Setelah berkonsultasi selanjutnya dokter akan membantu anda melakukan prosedur operasi plastik dan Queeners akan mendapatkan hasil operasi yang sesuai dan memuaskan.

Jadi tidak perlu ragu dan khawatir lagi akan tentang bentuk Vagina, namun juga bisa mempercantik bentuk Vagina sesuai yang diinginkan Queeners. Tunggu apalagi Queeners, ayo segera konsultasikan dan hubungi hotline di bawah ini untuk dapat melakukan tindakan perawatan dan operasi plastik hanya di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery yang sudah tentunya aman dan terpercaya.

 

Konsultasi Gratis Langsung Seputar Peremaja Vagina

Klik https://queenplasticsurgery.id

WhatsApp 0812 9356 0404

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • OPERASI PLASTIK
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • PROMO BULAN INI
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @Queen Plastic Surgery 2024