PERBEDAAN PENEMPATAN IMPLAN PAYUDARA

3 Januari 2024by Artikel Dokter0
Di Tinjau Oleh :

02 Januari 2023 | Dr. Linda Afiaty

 

PERBEDAAN PENEMPATAN IMPLAN PAYUDARA DI ATAS OTOT DAN DI BAWAH OTOT

 

Saat seseorang (wanita) memutuskan ingin melakukan implan payudara dan berkonsultasi dengan dokter bedah plastik serta mendiskusikan ukuran, bentuk, dan posisi. Pasien akan bertanya di mana implan akan dipasang dan pada sesi konsultasi itulah akan berdiskusi  dengan dokter bedah mengenai letak implan. Dokter bedah  akan menyarankan tempat terbaik untuk memasang implan sesuai dengan jumlah jaringan payudara yang dimiliki dan tipe tubuh seseorang.

Jika Anda sedang mempertimbangkan pembesaran atau revisi payudara, satu keputusan penting yang perlu diambil bersama oleh dokter bedah  adalah apakah akan memasang implan payudara baru di atas atau di bawah otot dada . Penempatan ini penting karena sejumlah alasan, dan untuk membantu memandu pasien dalam mengambil keputusan ini, dokter bedah plastik yang berpengalaman akan menjelaskan perbedaan antara penempatan implan payudara di atas atau di bawah otot. 

Penempatan implan payudara sangat penting untuk memberikan hasil estetika terbaik pada pasien, serta untuk mencegah terjadinya masalah, seperti kontraktur kapsuler dan riak (gelombang)  implan. Selama operasi pembesaran payudara, implan payudara ditempatkan di bawah jaringan payudara pasien tetapi di atas otot dada, atau di bawah jaringan payudara dan sebagian di bawah otot dada pectoralis mayor. Penempatan di kedua lokasi tersebut dapat memberikan hasil yang memuaskan; Namun, ada pro dan kontra pada setiap pilihan, oleh karena itu dokter bedah akan menilai tipe tubuh pasien untuk menentukan posisi implan mana yang tepat.

 

 

  • Otot Dada

Otot-otot di dada berperan penting dalam prosedur pembesaran payudara sehubungan dengan penempatan implan yang optimal. Setiap pasien akan memiliki jumlah otot yang berbeda-beda dan ini dapat menjadi faktor dalam menentukan apakah penempatan di atas atau di bawah otot sub adalah yang terbaik. Anatomi setiap pasien harus diperhitungkan. Misalnya, wanita yang memiliki otot dada yang sangat besar atau kuat akan paling cocok untuk memposisikan implan di atas otot. Salah satu alasannya adalah dengan otot dada yang lebih besar akan terdapat kecenderungan distorsi pada payudara seiring dengan gerakan dan fleksi otot dada. 

  • Jaringan Payudara 

Selain kepadatan dan massa otot, jumlah jaringan di area payudara sebelum operasi juga akan berdampak pada di mana penempatannya agar hasil pasca operasi lebih optimal. Jika terdapat sejumlah besar jaringan payudara, maka akan terdapat cakupan jaringan lunak yang memadai sehingga otot pektoralis tidak berguna dalam hal ini.

 

  • Implan Payudara Di Atas Otot (Sub Kelenjar)

Dikenal juga atau disebut sebagai penempatan “over-the-muscle”, teknik penempatan subglandular adalah penempatan implan di antara otot dada dan area jaringan payudara yang ada. Penempatan otot di atas dilakukan agar implan terletak di bawah kelenjar payudara, sehingga memberikan kemampuan bagi pasien untuk menyusui di kemudian hari. Penempatan implant subglandular, atau “di atas otot”, adalah ketika implan payudara dipasang di atas otot pasien tetapi di bawah kulit, lemak, dan jaringan kelenjar.

Penempatan implan di atas otot akan memberi efek payudara sedikit lebih terangkat, pasien memerlukan sedikit penutup jaringan atau jaringan payudara alami di bagian atas payudara. Ada risiko lebih tinggi terjadinya kontraktur kapsuler setelah operasi (3-5%). Kontraktur kapsuler adalah jaringan parut yang berlebihan atau keras di sekitar implan. Tergantung pada pilihan dan ukuran implan payudara, sayatan kecil dibuat di lipatan payudara, atau di areola. Implan payudara akan ditempatkan di depan otot dada, di antara jaringan payudara dan otot dada. Hal ini dapat membuat pembesaran lebih terlihat jelas dibandingkan bagian bawah, terutama bagi mereka yang memiliki payudara lebih kecil, karena mereka memiliki lebih sedikit jaringan untuk meletakkan implan. Namun payudara akan tampak lebih bulat dan bervolume.

 

Kelebihan : 

  • Pasien cenderung mengalami lebih sedikit pergerakan implan selama aktivitas fisik, serta lebih sedikit rasa tidak nyaman segera setelah operasi.
  • Ketidaknyamanan akan berkurang setelah operasi dan waktu pemulihan lebih singkat.
  • Implan tidak kehilangan bentuknya saat berolahraga.
  • Dapat memberikan tampilan bulat yang lebih penuh pada orang yang awalnya memiliki jaringan payudara lebih banyak

Kekurangan : 

  • Ada kemungkinan lebih tinggi terjadinya riak ( gelombang ) yang terlihat.
  • Tingkat kontraktur kapsul, dimana implan berkontraksi menyebabkan implan menjadi keras dan cacat, lebih tinggi.
  • Overs berpotensi mengganggu mammogram, sehingga beberapa tes mungkin harus dilakukan.
  • Tampilannya bisa lebih artifisial. 

 

  • Implan Payudara Di Bawah Otot

Pilihan lainnya dikenal sebagai penempatan implan payudara submuskular, atau di bawah otot. Teknik ini mencakup penempatan implan sebagian di bawah otot dada pectoralis mayor. Implan payudara di bawah otot membantu menyamarkan bagian atas implan payudara. Ini adalah pilihan yang lebih baik bagi mereka yang memiliki dada lebih kecil dan jaringan payudara lebih sedikit. Hal ini dapat menyebabkan sedikit kelainan bentuk animasi, yaitu kelainan yang ditandai dengan pergerakan implan payudara ketika otot dada, pektoralis, berkontraksi. Di sinilah implan ditempatkan di bawah otot dada, di depan tulang rusuk. Implan dimasukkan ke dalam ruang antara tulang rusuk dan otot. Payudara tampak lebih alami karena implan tersembunyi di balik jaringan otot Anda.

Implan payudara di bawah otot memiliki risiko kontraktur kapsuler yang lebih kecil. Implan payudara yang berada di bawah otot hampir selalu dimasukkan melalui sayatan kecil di lipatan payudara, sering kali disamarkan dengan lipatan payudara. Resiko implan terkulai dalam jangka panjang juga lebih kecil bila ditempatkan di bawah otot.

 

Kelebihan : 

  • Pasien mendapatkan mammogram yang lebih akurat. 
  • Menghasilkan tampilan yang lebih alami, dan mengurangi tingkat kontraktur kapsuler
  • Memberikan lebih banyak cakupan jaringan pada implan di kutub atas.
  • Menciptakan transisi yang lebih mulus dari dinding dada ke implan.
  • Tidak terlalu mengganggu mamografi.

Kekurangan : 

  • Beberapa pasien mengalami sedikit ketidaknyamanan setelah operasi, dengan pemulihan pasca operasi yang lebih lama.
  • Waktu pemulihan yang lebih lama.
  • Payudara tampak lebih tinggi dari yang diinginkan.
  • Latihan atau fleksi dapat menyebabkan distorsi implan.

 

Implan beriak yaitu “kerutan” terlihat di bagian luar implan, dapat terjadi selama penempatan di atas otot karena lebih mudah untuk melihat “tepi” atas implan saat dipasang di atas otot. Implan yang beriak paling sering terlihat pada wanita kurus dengan payudara lebih kecil, karena mereka memiliki lebih sedikit jaringan payudara untuk menyembunyikan implannya. Riaknya implan seringkali dapat dihindari dengan bekerja sama dengan dokter bedah plastik berpengalaman yang memahami cara memilih dan memasang implan dengan benar. Implan di atas otot (subglandular) lebih mengganggu pembacaan mammogram, meskipun ada cara lain, seperti USG, yang dapat meningkatkan hasil mammogram.

 

        

 

 

  • Revisi Payudara 

Revisi payudara adalah salah satu alasan lain untuk mempertimbangkan penempatan implan Jika seseorang pernah menjalani pembesaran payudara, mungkin sedang meneliti pilihan penempatan implan karena tertarik untuk merevisi implan payudara. Operasi revisi payudara sering kali dilakukan untuk mengganti implan payudara, namun juga dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah umum yang terjadi seiring berjalannya waktu, seperti kulit payudara yang kendur, serta masalah lain yang dapat terjadi, seperti migrasi implan, implan yang beriak, dan/atau kontraktur kapsuler (ketika kapsul bekas luka di sekitar implan menyempit). Selama operasi revisi payudara, pasien dan dokter bedah akan memutuskan untuk mengubah penempatan implan  untuk mengakomodasi ukuran implan baru atau untuk memperbaiki masalah ini. Sekarang setelah mengetahui dua pilihan utama penempatan implan payudara, bagaimana pasien akan memilih mana yang terbaik. Berikut adalah beberapa faktor yang akan membantu menginformasikan keputusan tersebut :

Berapa banyak jaringan payudara dan otot dada yang dimiliki. Sama seperti wanita kurus dengan jaringan payudara lebih sedikit mungkin merupakan kandidat yang lebih baik untuk penempatan di bawah otot, wanita yang memiliki otot dada yang sangat besar dan/atau kuat lebih cocok untuk posisi implan otot. Hal ini karena wanita dengan otot dada yang lebih besar akan memiliki peluang lebih besar untuk mengalami distorsi implan saat otot dada mereka bergerak dan berkontraksi. Wanita dengan jaringan payudara lebih banyak juga merupakan kandidat yang lebih baik untuk pemasangan implan di atas otot karena jaringan alami mereka dapat menyembunyikan implan dengan lebih baik.

Untuk mengetahui apakah memiliki jaringan yang cukup untuk implan otot, rekomendasi untuk melakukan tes cubit dasar. Ini cara kerjanya: Dengan ibu jari dan jari telunjuk, cubit kulit tepat di atas tiang atas (bagian paling atas payudara), jika jumlah kulit yang dapat diambil adalah 2 cm atau lebih, kemungkinan besar adalah kandidat yang tepat untuk kedua opsi tersebut. Namun jika memiliki lebih sedikit, mungkin perlu mempertimbangkan penempatan implan di bawah otot atau menambahkan lemak ke tiang atas untuk meningkatkan ketebalan kulit di area tersebut. Selain itu, wanita yang sangat atletis dan aktif dapat memilih penempatan implan di bawah otot untuk menghilangkan kemungkinan kelemahan otot. Terkadang, implan yang lebih kecil dengan proyeksi yang lebih sedikit dapat menjadi pilihan yang baik bagi orang-orang ini.

 

   

 

 

Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery memiliki operasi Implan Payudara dengan berbagai ukuran implan dengan kualitas terbaik di dunia. Pengerjaan profesional yang dilakukan oleh dokter-dokter membuat hasil operasi Implan Payudara terlihat menawan dan seksi. 

Tidak perlu ragu untuk mengkonsultasikan masalahmu dengan dokter. Karena ada Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery yang akan sangat membantu kamu menemukan jalan terbaik dalam penanganan masalah Operasi Pengencangan Payudara Dengan Implan, Inovers. Ketika kamu mencari tempat yang tepat untuk melakukan perawatan diatas, jangan khawatir langsung datang dan konsultasikan di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery.

Demi memastikan keamanan pasien, semua kegiatan perawatan dan operasi di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery sudah didukung oleh peralatan modern dan tim dokter spesialis yang ahli dan sudah berpengalaman di bidangnya selama lebih dari 30 tahun.

Jadi tunggu apalagi silahkan hubungi hotline yang ada dibawah ini. Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery siap melayani kapanpun kamu membutuhkan.

 

Konsultasi Langsung Gratis Seputar Implan Payudara

Klik https://queenplasticsurgery.id

WhatsApp 0812 9356 0404

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasien
Testimoni

“Kami percaya bahwa testimoni adalah bukti kesuksesan layanan kami 🌟 Terima kasih telah memilih kami dan memberi kesempatan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/admin-ajax-160x160.jpg
Bella Roselina
Selebgram

“Sangat puas, hasil operasi plastik Hidung dan implan payudara saya di Queen Plastic Surgery sungguh memukau! Terima kasih untuk tim ahlinya yang selalu ramah dan profesional. Kalian membuatku merasa cantik dari dalam dan luar. #QueenPlasticSurgery #TransformasiCantik #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Yeyen-2-160x160.jpg
Yeyen Lidya
Artis

“Bukan hanya sekadar mengubah penampilan, tapi juga meningkatkan rasa percaya diri. Itulah yang saya rasakan setelah operasi plastik kantung mata di Queen Plastic Surgery. Timnya begitu hangat dan perawatan yang diberikan pun sangat terbaik. #QueenPlasticSurgery #PercayaDiriBaru #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Tanpa-judul-160x160.png
Nita Thalia
Artis

“Kesuksesan operasi plastik tidak hanya terletak pada hasil akhirnya, tapi juga pada prosesnya. Dan saya sangat puas dengan proses yang dilalui bersama Queen Plastic Surgery. Saya merasa dipahami dan didukung sepenuhnya. Terima kasih! #QueenPlasticSurgery #ProsesyangBerarti #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Screenshot-2024-01-14-055939-160x160.png
Olla
Pasien

“Saya tak pernah menyangka bahwa operasi plastik bisa memberikan perubahan yang begitu besar pada diri saya. Queen Plastic Surgery benar-benar mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Terima kasih tak terhingga untuk tim yang luar biasa ini. #QueenPlasticSurgery #PerubahanMaksimal #TestimoniPasien”

Telah Di Tayangkan

“Si cantik yang mempesona, Queen plastic Surgery telah menarik perhatian banyak media nasional. Yakin masih ragu untuk mencoba layanan operasi plastik?

  • PROMO BULAN INI
  • OPERASI PLASTIK
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @ Queen Plastic Surgery 2024

error: COPY PROTECTION!!
Call