Tahi Lalat Berbahaya Atau Tidak? Kenali Lebih Jauh! (Part 1)

7 Desember 2023by Artikel Dokter0

Di Tinjau Oleh

01 Desember 2023 | Dr Novika Neovansie Gabriel

Kebanyakan tahi lalat bersifat jinak atau tidak berbahaya. Tahi lalat adalah jenis pertumbuhan atau lesi pada kulit yang biasa disebut dengan nevus (jamak: nevi). Nevus umum adalah istilah medis untuk lesi kronis yang terlihat, terbatas, dan terletak di kulit atau mukosa. Bentuknya bisa bermacam-macam, termasuk bintik-bintik, tahi lalat, kutil, dan keratosis seboroik. Biasanya tahi lalat berwarna merah muda, coklat atau coklat dengan batas yang jelas. Tahi lalat biasanya berkembang di lapisan tebal jaringan hidup di bawah epidermis (lapisan luar kulit), yang berisi kaca darah, ujung saraf, kelenjar keringat, folikel rambut, dan struktur lainnya. Tahi lalat terjadi ketika sel-sel di kulit tumbuh berkelompok, membentuk lesi, bukannya menyebar ke seluruh kulit. Beberapa tahi lalat berkembang dari sel yang disebut melanosit, yang membuat pigmen yang memberi warna alami pada kulit. Mereka juga dapat berkembang dari sel lain, termasuk sel nevus. cari tahu lebih lanjut tentang cara kerja di sini

Jenis tahi lalat jinak

Jenis tahi lalat jinak yang paling umum meliputi:

  • Nevi melanositik majemuk, yang biasanya menonjol di atas kulit, berwarna coklat muda dan terkadang berbulu.
  • Nevi melanositik dermal, yang biasanya menonjol, pucat dan terkadang berbulu.
  • Nevi melanositik persimpangan, yang biasanya berwarna coklat, bulat dan datar

Keratosis Seboroik

Keratosis seboroik adalah jenis pertumbuhan atau lesi kulit yang biasanya muncul sebagai noda berwarna coklat, hitam, atau cokelat muda di wajah, dada, bahu, atau punggung. Mereka biasanya melanositik, yaitu mengandung melanin, atau berpigmen. Keratosis seboroik sering terjadi, dan dapat bersisik, seperti lilin, dan sedikit menonjol di atas kulit (meninggi). Meskipun pertumbuhan ini tidak berbahaya, namun sulit dibedakan dari melanoma maligna, salah satu jenis kanker kulit yang paling serius, sehingga disarankan untuk memeriksanya untuk memastikan bahwa pertumbuhan tersebut bukan melanoma.

Keratosis merah, bersisik dan bengkak

Jika keratosis menjadi aktinik, yaitu merah, bersisik, dan bengkak, hal ini dapat mengindikasikan bahwa keratosis tersebut bersifat prakanker. Keratosis seboroik aktinik, juga dikenal sebagai keratosis matahari, biasanya terjadi akibat paparan sinar matahari selama bertahun-tahun. Setiap dugaan keratosis aktinik harus diperiksa dan diangkat oleh dokter, karena meskipun lesi ini tidak selalu ganas, namun dapat berkembang menjadi kanker kulit melanoma jika tidak ditangani.

Tahi lalat atipikal juga dikenal sebagai nevi displastik, dan istilah ini menggambarkan tahi lalat yang tampak tidak biasa.

Tahi lalat atipikal mungkin disalahartikan sebagai melanoma, namun belum tentu bersifat kanker atau prakanker. Namun, meskipun lalat atipikal mungkin jinak, orang yang memiliki nevi displastik memiliki risiko lebih tinggi terkena melanoma dibandingkan dengan mereka yang tidak. Melanoma dapat berkembang di tahi lalat atau bagian tubuh lainnya.

Jenis nevi displastik yang umum meliputi:

  • Nevus biru, yaitu warna biru tua dan bisa datar atau terangkat.
  • Nevus displastik atau atipikal, yang juga dikenal sebagai β€œClark nevi,” adalah tahi lalat yang tampak tidak biasa, berukuran sedikit lebih besar dengan tepi tidak beraturan.
  • Halo nevus, yaitu dikelilingi cincin putih tempat kulit kehilangan warna.

Penyebab Tahi Lalat Jinak

Kebanyakan tahi lalat terbuat dari sel yang disebut melanosit yang membuat pigmen yang disebut melanin. Melanin memiliki dua fungsi utama: membantu melindungi tubuh dari sinar ultraviolet (radiasi UV) matahari dan memberi warna alami pada kulit dan rambut. Orang yang berkulit lebih gelap memiliki lebih banyak sel ini, dan lebih mungkin mengembangkan tahi lalat baru setelah terpapar sinar matahari. Tahi lalat bisa muncul dimana saja di tubuh. Penyakit ini bisa muncul sejak lahir (bawaan), namun bisa juga berkembang sepanjang hidup seseorang (didapat). Orang bisa dilahirkan dengan tahi lalat, atau mengembangkan tahi lalat baru dengan ukuran dan warna apapun sepanjang hidup mereka, pada usia berapa pun. Namun secara umum, tipe kulit yang lebih gelap biasanya memiliki tahi lalat yang lebih gelap.

Perubahan Tahi Lalat

Faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, dan perubahan hormonal seperti masa pubertas atau kehamilan dapat menyebabkan tahi lalat menjadi gelap atau berkembang. Oleh karena itu, tampilan tahi lalat bisa berubah seiring berjalannya waktu. Mereka bisa berubah jumlah dan muncul dan juga bisa memudar. Penting untuk mengenal lesi pada tubuh seseorang untuk memastikan ukuran, bentuk, dan jenisnya normal, karena hal ini mungkin berbeda pada setiap orang. Hal ini akan memudahkan untuk mengenali lesi atipikal atau perubahan pada lesi, yang dapat mengindikasikan melanoma.

Ada part 2 ya Queeners dari artikel ini supaya Queeners bisa mengerti dan memahami tentang tahi lalat yang membuat Queeners takut dan khawatir.

Jika Queeners punya keluhan seperti di atas maka Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery adalah solusinya. Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery memiliki beragam perawatan dan tindakan bedah dan non bedah untuk membantu Queeners menghilangkan tahi lalat. Queeners yang bingung bagaimana harus memutuskan tindakan apa yang diperlukan Queeners maka Queeners dapat menghubungi hotline di bawah ini untuk berkonsultasi. Tindakan bedah dan non bedah dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik yang berpengalaman dan memiliki legalitas serta kompeten untuk melakukan tindakan-tindakan tersebut. Sudah banyak loh pasien yang puas dengan pelayanan dari Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery untuk menghilangkan tahi lalat pada bagian tubuh yang Queeners ingin hilangkan. Tunggu apalagi Queeners langsung datang dan dapatkan harga menarik di tiap promonya.

 

Konsultasi Gratis Langsung Seputar Tahi Lalat

Klik ke : https://queenplasticsurgery.idΒ 

WhatsApp : 0812 9356 0404

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasien
Testimoni

“Kami percaya bahwa testimoni adalah bukti kesuksesan layanan kami 🌟 Terima kasih telah memilih kami dan memberi kesempatan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/admin-ajax-160x160.jpg
Bella Roselina
Selebgram

“Sangat puas, hasil operasi plastik Hidung dan implan payudara saya di Queen Plastic Surgery sungguh memukau! Terima kasih untuk tim ahlinya yang selalu ramah dan profesional. Kalian membuatku merasa cantik dari dalam dan luar. #QueenPlasticSurgery #TransformasiCantik #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Yeyen-2-160x160.jpg
Yeyen Lidya
Artis

“Bukan hanya sekadar mengubah penampilan, tapi juga meningkatkan rasa percaya diri. Itulah yang saya rasakan setelah operasi plastik kantung mata di Queen Plastic Surgery. Timnya begitu hangat dan perawatan yang diberikan pun sangat terbaik. #QueenPlasticSurgery #PercayaDiriBaru #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Tanpa-judul-160x160.png
Nita Thalia
Artis

“Kesuksesan operasi plastik tidak hanya terletak pada hasil akhirnya, tapi juga pada prosesnya. Dan saya sangat puas dengan proses yang dilalui bersama Queen Plastic Surgery. Saya merasa dipahami dan didukung sepenuhnya. Terima kasih! #QueenPlasticSurgery #ProsesyangBerarti #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Screenshot-2024-01-14-055939-160x160.png
Olla
Pasien

“Saya tak pernah menyangka bahwa operasi plastik bisa memberikan perubahan yang begitu besar pada diri saya. Queen Plastic Surgery benar-benar mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Terima kasih tak terhingga untuk tim yang luar biasa ini. #QueenPlasticSurgery #PerubahanMaksimal #TestimoniPasien”

Telah Di Tayangkan

“Si cantik yang mempesona, Queen plastic Surgery telah menarik perhatian banyak media nasional. Yakin masih ragu untuk mencoba layanan operasi plastik?

  • OPERASI PLASTIK
  • PROMO BULAN INI
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @ Queen Plastic Surgery 2024

error: COPY PROTECTION!!
Call