TANDA PENUAAN YANG MEMBUAT SESEORANG TERLIHAT LELAH, MARAH DAN SEDIH

29 November 2023by Artikel Dokter0

Di Tinjau Oleh

03 November 2023 | Dr.Linda Afiaty

Seiring bertambahnya usia, kita mulai mengalami perubahan di setiap sudut dan celah tubuh kita. Seiring bertambahnya usia juga akan beragam perubahan yang terjadi pada penampilan luar kita. Biasanya, perubahan yang kita lihat pada wajah kita adalah yang paling awal. Kulit, jaringan lunak (lemak subkutan, otot, dan fasia), dan pendukung struktural (tulang dan gigi) setiap orang akan terpengaruh oleh proses penuaan. Mereka bekerja sama untuk menentukan penampilan wajah sepanjang hidup.

Banyak faktor yang berkontribusi terhadap penuaan wajah. Seperti gravitasi, redistribusi dan hilangnya lemak subkutan, ketidakseimbangan hormon, paparan sinar matahari berlebihan, pola makan, dan merokok. Faktor lingkungan lain yang terbukti mempengaruhi penampilan wajah yaitu stres mental, kebiasaan kerja, obat-obatan, dan penyakit.

Kebanyakan orang berusaha menampilkan wajah terbaiknya setiap hari, baik saat pergi bekerja atau menghadiri acara sosial. Sayangnya, garis-garis dan kerutan tertentu bisa membuat seseorang tampak tidak bahagia, bahkan marah, apa pun trik riasan atau rambut yang sudah dicoba. Tanda-tanda penuaan ini bisa menimbulkan lebih dari sekedar masalah kosmetik bagi seseorang karena seseorang yang terlihat tidak bahagia atau kelelahan mungkin diperlakukan berbeda oleh teman dan bahkan di kantor

  • Cara Mengobati Tanda Penuaan Pada Wajah

Saat ini, ada banyak pilihan pengobatan yang dapat meringankan tanda-tanda penuaan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah penilaian pemetaan wajah untuk menentukan cara menghadirkan simetri pada kedua sisi wajah dan mengembalikan warna dan tekstur kulit yang homogen. Melakukannya dengan cara ini akan mempertahankan tampilan alami dan sehat.

Pasien datang dan menceritakan kepada kami bahwa teman mereka mengatakan bahwa mereka terlihat lelah, sedih atau pemarah, namun mereka merasa baik-baik saja. Biasanya bukan hanya satu kerutan atau garis yang menyebabkan kesan ini, melainkan beberapa faktor. Penting untuk menangani wajah secara keseluruhan untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Klinik Kami dan Tim dapat membantu Anda menghaluskan tanda-tanda penuaan sehingga Anda terlihat cukup istirahat dan segar. Berikut ini adalah beberapa garis dan kerutan wajah yang umum menimbulkan ekspresi wajah masam.

  • Tanda Penuaan Wajah

Ada beberapa tanda penuaan yang terlihat jelas dan tidak terlalu kentara pada wajah:

  • Kulit dahi mulai kehilangan elastisitas dan lemak subkutannya, yang mengakibatkan munculnya garis kerutan dan kerutan yang lebih jelas.
  • Alis mulai terkulai ke bawah sehingga menimbulkan penampilan yang tidak diinginkan, lelah, atau marah.
  • Mata mulai tampak cekung dan dalam ketika tulang pipi tepat di bawah rongga mata mulai kendur.
  • Lemak subkutan berkurang di area pipi sehingga menyebabkan hilangnya volume. Hal ini membuat mereka terlihat lebih hampa.
  • Jaringan di sekitar mata, termasuk beberapa otot yang menopang kelopak mata, mulai melemah. Lemak yang menopang mata bergerak ke depan yang tampak sebagai kantung hitam memberikan kesan lebih lelah dan lebih tua.
  • Ujung hidung mulai terkulai karena melemahnya jaringan ikat penyangga tulang rawan hidung.
  • Bibir mulai menekuk ke bawah karena melemahnya kekuatan otot dan hilangnya timbunan lemak.
  • TULANG

Kulit dan lemak bukanlah satu-satunya struktur di wajah kita. Tulang wajah menyediakan perancah yang diperlukan untuk menutupi otot, lemak, dan kulit. Seiring bertambahnya usia, tulang-tulang di wajah kita kehilangan kepadatannya sama seperti di bagian tubuh lainnya.

Hilangnya kepadatan tulang akan terlihat pada bentuk rahang atas dan rahang bawah yang mengalami penurunan secara signifikan, serta terjadi sedikit peningkatan pada lebar dan kedalaman wajah. Efek keseluruhannya adalah menyebabkan wajah bagian bawah melebar dan terbentuknya rahang bawah. Garis-garis kecil di sekitar mulut mulai muncul dan menghilangkan cibiran masa muda kita karena pengeroposan tulang di rahang bawah. Volume ini terus berkurang selama bertahun-tahun, menyebabkan jaringan lunak di wajah bagian bawah kurang mendapat dukungan, sehingga bagian bawah wajah tampak lebih lembut dan lonjong sehingga memberikan tampilan lebih tua.

Kemudian tulang di bagian tengah wajah seperti alis, hidung, dan rahang atas juga menyusut sehingga menyebabkan tulang alis terkulai dan terbentuknya lipatan di dekat mata serta munculnya keriput.

Meskipun perubahan ini dapat terjadi pada pria dan wanita, banyak perubahan terjadi lebih awal pada wanita (biasanya pada usia muda dan paruh baya). Sedangkan pada laki-laki, sebagian besar perubahan terjadi antara usia paruh baya dan tua.

  • LEMAK

Wajah awet muda tampak kenyal dan dipenuhi lemak wajah di semua tempat yang tepat, namun tidak berlebihan. Seiring bertambahnya usia, distribusi lemak wajah cenderung berubah. Di beberapa area wajah (misalnya di mulut dan rahang bawah), lemak dapat menumpuk secara berlebihan sehingga menimbulkan kesan bengkak permanen.

Faktanya, hal yang lebih sering terjadi adalah bantalan lemak yang menipis dan hilang sehingga menyebabkan kerutan dalam, cekung pipi, dan perubahan yang tidak diinginkan lainnya. Proses penuaan alami menyebabkan kita kehilangan sekitar 10% lemak di wajah pada usia 35 tahun dan tambahan 5-10% setiap 5-10 tahun setelahnya. Pada usia 55 tahun, Anda mungkin telah kehilangan 40% lemak di wajah yang membuat wajah terlihat tidak montok dan tu. Selain itu, tekstur kulit menjadi lebih tipis dan kasar, sehingga menyebabkan tampilan kasar dan keriput.

Yang memiliki arti kosmetik khusus adalah apa yang termasuk bantalan lemak malar (bantalan lemak berbentuk segitiga yang berdekatan dengan pangkal hidung). Penipisan dan pergeserannya merupakan faktor utama dalam perkembangan lipatan nasolabial (garis tawa dalam). Penyebab redistribusi lemak wajah tidak sepenuhnya jelas, ada beberapa faktor yang berperan seperti adanya perubahan keseimbangan hormonal yang berkaitan dengan usia, gerakan wajah yang berulang, kondisi penyakit tertentu, dan sebagainya.

  • EKSPRESI SEDIH

Garis kerutan di antara alis bukan satu-satunya yang bisa membuat wajah terlihat sedih atau marah. Kemunculan sedih juga disebabkan oleh garis dan lipatan yang biasa terbentuk di area mulut atau wajah bagian bawah. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang memberikan ekspresi wajah tertunduk. Ini termasuk:

  • Lipatan nasolabial Ini adalah garis menjorok atau dalam yang membentang dari tepi hidung hingga sudut mulut. Garis ini juga disebut sebagai garis tawa atau garis senyum, karena garis tersebut menjadi lebih terlihat saat tersenyum atau membuat ekspresi wajah tertentu. Lipatan nasolabial sangat umum terjadi, namun tingkat keparahan atau menonjolnya dapat bervariasi.

Setiap orang memiliki lipatan saat tersenyum, tetapi lipatan ini bisa semakin dalam seiring berjalannya waktu. Lipatan nasolabial bisa menjadi lebih menonjol karena faktor-faktor tertentu seperti paparan sinar matahari dan merokok. Mereka juga mungkin lebih menjadi kendur seiring bertambahnya usia karena berkurangnya kolagen dan elastin secara alami.Saat lipatan ini semakin dalam, garis marionette akan muncul.

  • Garis marionette Ini adalah garis vertikal yang lurus dari sudut mulut hingga ke dagu. Garis marionette lebih umum terjadi pada usia di atas 40 tahun, namun bisa juga muncul lebih awal karena sejumlah faktor. Garis marionette dapat membuat sudut mulut terlihat ke bawah dan membuat wajah bagian bawah terlihat sedikit kendor.

Penuaan adalah alasan utama mengapa orang bisa memiliki garis marionette. Hal ini karena menipisnya jaringan wajah serta hilangnya kolagen dan asam hialuronat pada kulit. Gravitasi adalah penyebab lainnya, karena menyebabkan wajah meregang ke bawah. Kebiasaan seperti merokok dan paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko terkena garis marionette.

  • EKSPRESI MARAH DAN LELAH
  • Garis Dahi – Garis horizontal di dahi terbentuk seiring waktu karena kerutan berulang kali, menambahkan mata, dan ekspresi wajah lainnya. Saat semakin dalam, Anda mungkin tampak khawatir dan tidak bahagia. Botox adalah suntikan neuromodulator yang dapat mengatasi sumber garis dahi, menghaluskan kulit untuk tampilan yang lebih muda dan ramah. Botox dibuat dengan toksin botulinum tipe A dan disuntikkan ke otot di bawah garis dahi untuk melumpuhkan otot sementara.
  • Garis Kerutan – Juga disebut “11” garis vertikal di antara alis yang memberikan kesan seseorang sedang marah dan stres. Garis kerutan juga disebabkan oleh gerakan otot yang berulang saat membuka mata, mengerutkan dahi, atau berkonsentrasi. Botox disetujui FDA untuk mengatasi garis kerutan, menghilangkan efek mengerutkan dahi, tersenyum, dan menambah mata selama bertahun-tahun, dengan hasil yang dapat bertahan tiga hingga empat bulan.Perawatan pemeliharaan dapat membantu mempertahankan hasil anti penuaan dengan Botox.
  • Alis Terkulai – Kulit kendur, otot meregang, dan perpindahan lemak akibat penuaan dapat menyebabkan alis kendur atau terkulai, sehingga membuat seseorang terlihat lelah atau sedih. Dalam beberapa kasus, alis akan turun begitu rendah sehingga mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melihat dengan jelas, sehingga menyebabkan seseorang mengangkatnya dengan jari untuk melakukan tugas sehari-hari seperti membaca. Bow Lift oleh dokter bedah plastik kami yang terampil dapat mengembalikan penempatan alis yang awet muda dan memperbaiki garis kerutan.Dokter bedah plastik kami dapat menggabungkan operasi brow lift dengan operasi blepharoplasty untuk memberikan tampilan yang cukup istirahat dan lebih muda dengan penglihatan yang lebih jelas.
  • Cekungan di Bawah Mata – Lingkaran hitam, kantung mata, dan cekungan sering terjadi seiring bertambahnya usia. Beberapa di antaranya mungkin karena faktor keturunan atau karena penuaan yang disertai dehidrasi atau stres. Apa pun alasannya, cekungan di bawah mata bisa memberi seseorang terlihat sedih dan lelah yang tidak bisa ditutupi oleh kopi atau concealer sebanyak apa pun. Beberapa cara untuk mengatasi masalah kosmetik di bawah mata termasuk operasi lower blepharoplasty (operasi kelopak mata bagian bawah) dan dermal filler untuk menambah volume pada area tersebut.

Konsultasi Gratis Langsung Seputar Tanda Penuaan

Klik ke : https://queenplasticsurgery.id 

WhatsApp : 0812 9356 0404

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasien
Testimoni

“Kami percaya bahwa testimoni adalah bukti kesuksesan layanan kami 🌟 Terima kasih telah memilih kami dan memberi kesempatan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/admin-ajax-160x160.jpg
Bella Roselina
Selebgram

“Sangat puas, hasil operasi plastik Hidung dan implan payudara saya di Queen Plastic Surgery sungguh memukau! Terima kasih untuk tim ahlinya yang selalu ramah dan profesional. Kalian membuatku merasa cantik dari dalam dan luar. #QueenPlasticSurgery #TransformasiCantik #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Yeyen-2-160x160.jpg
Yeyen Lidya
Artis

“Bukan hanya sekadar mengubah penampilan, tapi juga meningkatkan rasa percaya diri. Itulah yang saya rasakan setelah operasi plastik kantung mata di Queen Plastic Surgery. Timnya begitu hangat dan perawatan yang diberikan pun sangat terbaik. #QueenPlasticSurgery #PercayaDiriBaru #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Tanpa-judul-160x160.png
Nita Thalia
Artis

“Kesuksesan operasi plastik tidak hanya terletak pada hasil akhirnya, tapi juga pada prosesnya. Dan saya sangat puas dengan proses yang dilalui bersama Queen Plastic Surgery. Saya merasa dipahami dan didukung sepenuhnya. Terima kasih! #QueenPlasticSurgery #ProsesyangBerarti #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Screenshot-2024-01-14-055939-160x160.png
Olla
Pasien

“Saya tak pernah menyangka bahwa operasi plastik bisa memberikan perubahan yang begitu besar pada diri saya. Queen Plastic Surgery benar-benar mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Terima kasih tak terhingga untuk tim yang luar biasa ini. #QueenPlasticSurgery #PerubahanMaksimal #TestimoniPasien”

Telah Di Tayangkan

“Si cantik yang mempesona, Queen plastic Surgery telah menarik perhatian banyak media nasional. Yakin masih ragu untuk mencoba layanan operasi plastik?

  • PROMO BULAN INI
  • OPERASI PLASTIK
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @ Queen Plastic Surgery 2024

error: COPY PROTECTION!!
Call