TANDA BAHWA GULA PENYEBAB PENUAAN PADA WAJAH

3 Januari 2024by Artikel Dokter0
Di Tinjau Oleh :

03 Januari 2024 | Dr. Linda Afiaty

 

TANDA BAHWA GULA PENYEBAB PENUAAN PADA WAJAH

 

Gula membuat seseorang bertambah tua, walaupun ada beberapa faktor lain yang dapat merusak kulit. Gula merupakan salah satu penyebab terburuk penuaan pada wajah dan tubuh. Individu tidak hanya harus menghindari gula karena alasan diet, kini juga harus memiliki insentif tambahan untuk melindungi penampilan dari kerusakan akibat penuaan akibat gula. Berikut ini penjelasan lebih dekat tentang bagaimana gula dapat menyebabkan penuaan pada wajah.

 

  • Bagaimana Gula Merusak Kulit

Proses ikatan gula dengan protein dalam tubuh disebut glikasi. Protein yang terikat gula ini  menghasilkan radikal bebas yang akan menghancurkan kolagen dan elastin, bahan penyusun yang menjaga kulit tetap kuat dan kenyal. Selain itu juga mengeraskan kolagen dan elastin, serta mencegah tubuh memproduksi lebih banyak kolagen dan elastin. Semua efek ini membuat kulit kehilangan elastisitasnya, garis-garis dan kerutan mulai muncul, dan tanda-tanda penuaan menjadi lebih terlihat. Efek glikasi yang terlihat cenderung muncul pada wanita sekitar usia 35 tahun. Pada usia tersebut, terjadi akumulasi kerusakan oksidatif, perubahan hormonal, dan perkembangan AGEs (advanced glycation end products atau glycotoxin). Kulit yang tidak mampu melawan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sintesis kolagen dan elastin yang cukup, mulai menunjukkan kerusakan. Berikut adalah tanda-tanda di wajah  bahwa gula adalah penyebab penuaan kulit :

  1. Permukaan kulit tampak keras dan berkilau.
  2. Garis garis silang yang dalam muncul di sepanjang bibir atas.
  3. Perubahan warna dan hiperpigmentasi menandai kulit.
  4. Muncul celah-celah yang dalam, terutama di sekitar area garis tawa.
  5. Kulit di sekitar area rahang kendur.

 

     

 

  • Efek Gula Pada Kulit

Gula merusak kulit  melalui proses alami yang disebut glikasi. Gula dalam aliran darah menempel pada protein dan menghasilkan radikal bebas berbahaya yang disebut produk akhir glikasi lanjutan (AGEs). Saat AGEs terakumulasi (semakin banyak gula yang Anda makan, semakin banyak gula yang berkembang), AGEs akan merusak protein di sekitarnya.

  1. Merusak Kolagen & Elastin

Protein yang paling rentan terhadap kerusakan adalah protein yang berfungsi sebagai bahan penyusun kulit yaitu kolagen dan elastin. Protein ini menjaga kulit tetap kencang dan elastis serta bertanggung jawab atas karakteristik kulit yang sehat dan awet muda. AGEs (produk akhir glikasi/glikotoksin) membuat kolagen dan elastin jadi kaku, kering dan rapuh, sehingga menghilangkan kekuatan dan pegasnya. Dampaknya terlihat pada kulit yaitu berupa garis-garis halus, kendur, dan kerutan.

  1. Mempengaruhi Jenis Kolagen yang Dimiliki

Pola makan tinggi gula juga mempengaruhi jenis kolagen yang  miliki. Kulit mengandung tiga jenis kolagen utama (disebut Tipe I, II dan III). Stabilitas dan ketahanan kolagen terbentuk pada setiap tahap: Tipe I adalah yang terlemah dan Tipe III adalah yang terkuat. Glikasi menurunkan kolagen Tipe III menjadi Tipe I, sehingga mengurangi kekuatan dan stabilitas struktural kulit Anda.

  1. Menonaktifkan Enzim Antioksidan Alami

Selain merusak protein penting kulit Anda, AGEs menonaktifkan enzim antioksidan alami tubuh. Tanpa perlindungan dari antioksidan, kulit akan lebih rentan terhadap kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh faktor lingkungan seperti polusi, sinar biru, dan sinar UV. Jika dibiarkan berkeliaran (dan mengikat protein struktural kulit), radikal bebas memicu stres oksidatif yang berkontribusi terhadap penuaan dini pada kulit.

 

Cara Mencegah Kerusakan Gula Pada Kulit

Kabar baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk mencegah tanda-tanda penuaan yang terlihat. Sekarang setelah mengetahui bagaimana gula dapat merusak kulit, inilah cara untuk melawan kerusakan tersebut dan tampil terbaik:

  • Kurangi Gula

Mungkin sulit untuk sepenuhnya menghilangkan gula dari makanan, namun ada beberapa cara untuk menguranginya. Pencegahan menyarankan agar gula tambahan tidak lebih dari 10% dari asupan kalori harian dan menghindari “gula tersembunyi” seperti barley malt, konsentrat jus buah, dan sirup maple. Sirup jagung fruktosa tinggi adalah yang terburuk, Jenis gula ini ditemukan dalam minuman ringan, minuman buah manis, dan banyak makanan kemasan dan penghasil AGEs (gluko toksin) terbanyak.

  • Perbanyak Asupan Air

Minum air tidak berdampak langsung pada hidrasi kulit, tetapi membantu tubuh menjalankan fungsi utama yang mendukung kesehatan kulit dengan lebih efektif. Air sangat penting untuk produksi kolagen dan elastin, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga dapat meningkatkan kemampuan untuk melawan efek penuaan akibat glikasi. Minumlah banyak air dan masukkan makanan kaya air seperti mentimun, tomat, dan semangka ke dalam menu makanan  untuk menjaga hidrasi.

  • Pelengkap Diet 

Sejumlah penelitian yang diterbitkan menyebutkan Vitamin B1 dan B6 sebagai penghambat AGEs. Vitamin B1 (thiamin) dapat ditemukan dalam kacang hijau, biji wijen, dan bayam, serta memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas. Vitamin B6 (piridoksin), yang penting untuk perkembangan dan pemeliharaan kulit, dapat ditemukan pada buncis, kacang pinto, dan biji bunga matahari.

  • Konsumsi Antioksidan

Antioksidan menetralisir dan melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas. Vitamin dan mineral alami ini menghambat glikasi dengan mencegah gula menempel pada protein. Tubuh akan memproduksi antioksidan secara alami, namun dapat juga ditemukan dalam makanan sehari-hari seperti buah beri, sayuran hijau, dan kopi. Bahkan dapat ditemukan dalam produk perawatan kulit. Carilah produk yang mengandung Vitamin C dan E yang membantu kolagen dan elastin mempertahankan bentuk dan menjaga kekuatannya untuk kulit.

  • Tidur

Salah satu rahasia kecantikan terbaik kami adalah cukup tidur. Saat tidur, kulit akan bekerja secara berlebihan, meregenerasi dan memperbaiki kerusakan yang terjadi sepanjang hari. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur berkontribusi terhadap munculnya garis-garis halus dan kerutan, warna kulit tidak merata, dan berkurangnya elastisitas. Namun, hal ini tidak hanya berpengaruh pada kuantitas tidur sama pentingnya adalah kualitas. Tubuh  bekerja paling keras selama tidur nyenyak untuk melawan efek penuaan akibat gula dan penyebab stres lainnya.

  • Detoks Kulit

Manfaat detoksifikasi kulit adalah membuat kulit menjadi segar kembali. Detoks menstimulasi lingkungan yang lebih sehat untuk kulit dan dapat mendorong peningkatan produksi kolagen dan elastin. Perubahan ini dapat membantu meningkatkan pergantian sel dan meningkatkan pelindung kulit secara keseluruhan. Detoksifikasi kulit adalah cara lain untuk mengurangi kerusakan akibat glikasi. Manfaat detoksifikasi kulit adalah memungkinkan kulit menjadi segar. Detoks menstimulasi lingkungan yang lebih sehat untuk kulit dan dapat mendorong peningkatan produksi kolagen dan elastin. Perubahan ini dapat membantu meningkatkan pergantian sel dan meningkatkan pelindung kulit secara keseluruhan.

 

 

      

Tidak perlu khawatir apabila ingin mempunyai kulit yang tetap sehat dan awet muda, selain Anda perlu mengurangi mengkonsumsi gula dan perlu menjaga kulit tubuh Anda dengan perawatan kulit yang tepat. Skin Booster adalah solusi yang cocok membuat kulit menjadi cerah. Manfaat dari treatment Skin Booster ini adalah dapat mencerahkan wajah, meningkatkan kelembaban kulit dan meningkatkan elastisitas kulit, memperbaiki tekstur kulit, meremajakan kulit serta meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perawatan seperti PRP Treatment, karena dengan PRP Treatment Anda mendapatkan manfaat seperti mengurangi garis halus dan kerutan, meningkatkan tekstur dan warna kulit, mengencangkan kulit dan memperbaiki masalah kulit serta mendukung generasi serat kolagen baru. Anda dapat melakukan treatment tersebut hanya di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery, tentunya dengan harga yang terjangkau dan juga mendapatkan hasil yang maksimal karena di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery telah menggunakan alat-alat yang sudah canggih dan modern, hingga Anda bisa mendapatkan kecantikan seperti yang Anda dambakan. Serangkaian treatment tersebut dapat anda peroleh hanya di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery.

Jadi tunggu apalagi Queeners, segera miliki rangkaian perawatan kecantikan tentunya di Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery.  Silahkan hubungi hotline di bawah ini dan jadikan dirimu semakin cantik indah dan berkilau.

 

Konsultasi Gratis Langsung Seputar Treatment Perawatan Kulit

Klik https://queenplasticsurgery.id

WhatsApp 0812 9356 0404

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • OPERASI PLASTIK
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • PROMO BULAN INI
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @Queen Plastic Surgery 2024