Pahamilah Kebenaran Tahi Lalat Beresiko Menjadi Kanker Kulit

8 Desember 2023by Artikel Dokter0

Di Tinjau Oleh

04 Desember 2023 | Dr Novika Neovansie Gabriel

Tahi lalat, juga disebut nevi, adalah pertumbuhan berpigmen pada kulit. (Bentuk jamak untuk nevus adalah nevi, sehingga lebih dari satu tahi lalat dapat disebut sebagai nevi.) Tahi lalat yang paling umum terkadang disebut sebagai tahi lalat normal, didapat, atau biasa. Ukuran dan warnanya bervariasi, dan bahkan dapat berubah warna selama bertahun-tahun. Seiring waktu, warnanya menjadi lebih gelap atau lebih terang. Biasanya perubahan warna tersebut merupakan hal yang normal. Kebanyakan tahi lalat muncul pada masa kanak-kanak dan remaja. Hampir setiap orang dewasa setidaknya memiliki satu tahi lalat, dan beberapa orang memiliki cukup banyak tahi lalat. Memiliki hingga 40 tahi lalat biasanya normal.

Meskipun tahi lalat yang didapat tidak semuanya terlihat sama bahkan pada orang yang sama tahi lalat tersebut biasanya memiliki ciri-ciri tertentu, antara lain:

  • Mereka cenderung memiliki satu warna. Sebagian besar berwarna coklat, namun bisa juga berwarna coklat, hitam, biru, merah jambu, merah, sewarna kulit, dan bahkan tidak berwarna.
  • Biasanya berbentuk bulat dan tepinya halus (Tepi tahi lalat disebut pembatas).
  • Bentuknya cenderung datar atau sedikit menonjol di atas kulit.
  • Mereka tidak berubah ukuran atau bentuknya.

Orang bisa memiliki tahi lalat di bagian tubuh mana pun, termasuk di kulit kepala, di telapak kaki dan telapak tangan, di antara jari tangan dan kaki, serta di bawah kuku jari tangan dan kaki.

 

Jenis tahi lalat lainnya

Beberapa jenis tahi lalat dapat meningkatkan risiko seseorang terkena melanoma. Ada empat jenis umum tahi lalat selain tahi lalat biasa – tahi lalat atipikal, tahi lalat bawaan, dan Spitz nevi. Kami akan membahas secara singkat setiap jenis tahi lalat.

 

Tahi lalat yang tidak lazim

Tahi lalat atipikal, juga disebut nevus displastik, adalah jenis tahi lalat yang dapat berkembang menjadi melanoma. Tahi lalat atipikal mungkin terlihat seperti melanoma, padahal sebenarnya tidak. Namun, memiliki lebih dari empat tahi lalat yang tidak lazim membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena melanoma. Tahi lalat yang tidak lazim dapat muncul di mana saja di tubuh Anda. Seringkali muncul di dada, punggung, atau samping, tapi bisa juga tumbuh di kepala, kulit kepala, dan leher. Tahi lalat atipikal biasanya tidak tumbuh di wajah.

Tahi lalat atipikal memiliki ciri-ciri beberapa umum, antara lain :

  • Ukuran besar – cenderung lebih besar dari penghapus pensil (diameter lebih dari 6mm).
  • Bentuknya tidak beraturan.
  • Warnanya lebih dari satu (bisa campuran coklat, coklat, merah atau pink).
  • Jika Anda pernah menderita melanoma, atau Anda memiliki orang tua, saudara kandung, atau anak yang menderita atau pernah menderita melanoma, hal ini juga meningkatkan risiko terkena melanoma.

Ada kondisi genetik yang disebut sindrom melanoma mol multipel atipikal familial (Familial Atipikal Multiple Mole Melanoma Syndrome atau FAMMM). Orang dengan sindrom ini berisiko lebih tinggi terkena melanoma. Tiga ciri utama sindrom FAMMM adalah:

  • Memiliki lebih dari 50 tahi lalat di tubuh
  • Memiliki setidaknya beberapa tahi lalat yang tidak lazim
  • Memiliki riwayat keluarga melanoma

Jika Anda memiliki tahi lalat yang tidak lazim, Anda harus melakukan pemeriksaan kulit bulanan untuk melihat perubahan ukuran, bentuk atau warna dan adanya pendarahan atau keluarnya cairan.

 

Tahi Lalat Bawaan

Tahi lalat bawaan, juga disebut nevus bawaan, adalah tahi lalat yang muncul sejak lahir. Sekitar satu dari 100 orang dilahirkan dengan tahi lalat bawaan. Tahi lalat default cenderung berwarna gelap, dan mungkin juga berbulu. Tahi lalat jenis ini ukurannya bisa bermacam-macam. Ada yang dianggap kecil, ada juga yang dianggap raksasa. Nevi bawaan raksasa dapat tumbuh hingga diameter 15 inci jika tidak dihilangkan. Orang dengan kondisi genetik tertentu, seperti neurofibromatosis dan spina bifida, lebih mungkin memiliki tahi lalat bawaan. Orang dengan tahi lalat bawaan berukuran raksasa memiliki risiko lebih besar terkena melanoma.

 

Spitz Nevus

Spitz nevus adalah sejenis tahi lalat yang sangat mirip melanoma. Umumnya, penyakit ini muncul pada masa kanak-kanak dan awal remaja, namun orang dewasa terkadang juga bisa mengalaminya. Spitz tidak cenderung menonjol, tahi lalat berbentuk kubah berwarna merah jambu, tetapi mungkin juga memiliki warna lain, seperti coklat, hitam, dan merah. Mereka mungkin berdarah atau mengeluarkan cairan, sehingga sulit dibedakan dari melanoma.

Cara membedakan tahi lalat normal, jinak, dan melanoma

Menurut para ahli, memiliki jenis tahi lalat tertentu dapat membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena melanoma. Misalnya, tahi lalat bawaan dan atipikal memiliki peluang lebih besar untuk menjadi kanker, dan orang yang memiliki banyak tahi lalat juga berisiko lebih tinggi.

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang mematikan yang mempengaruhi sel-sel yang memproduksi melanin – pigmen pada kulit. Sel-sel ini disebut melanosit. Melanoma paling sering terjadi pada orang dewasa, namun dapat berkembang pada orang-orang pada usia berapa pun. Penyakit ini juga cenderung terjadi pada orang dengan rambut, kulit, dan mata terang, namun siapa pun bisa terkena melanoma. Penyakit ini dapat tumbuh dimana saja pada kulit, termasuk mata, mulut, alat kelamin, organ dalam, dan di bawah kuku, namun paling sering muncul pada batang tubuh, lengan, dan kaki. ABCDE melanoma dapat membantu dokter Anda mendiagnosis melanoma, tetapi tidak semua bentuk melanoma menunjukkan tanda-tanda kanker. ABCDE mewakili asimetri, batas, warna, diameter, dan evolusi/berkembang. Pelajari lebih lanjut tentang ABCDE melanoma sehingga Anda akan mengetahui apa yang harus diperhatikan saat memeriksa tanda-tanda kanker pada kulit Anda sendiri. Jika Anda memiliki tanda atau gejala melanoma, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan kulit profesional. Jika Anda memiliki tahi lalat baru atau melihat adanya perubahan pada tahi lalat yang sudah ada, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kulit. Setiap perubahan pada tahi lalat bisa menjadi tanda melanoma. Perhatikan baik-baik perubahan ukuran, bentuk, atau warna tahi lalat di bagian mana pun di kulit Anda. Melanoma dapat membunuh Anda, tetapi jika Anda mengetahuinya cukup dini, kemungkinan besar pengobatan akan efektif dan Anda akan sembuh.

 

Jadi, bagaimana cara membedakan tahi lalat dari melanoma? Berikut beberapa pedomannya:

  • Tahi lalatnya tidak simetris, artinya satu sisi tidak terlihat seperti sisi lainnya.
  • Tahi lalat memiliki bentuk yang tidak beraturan atau tepian yang tidak jelas.
  • Ada variasi warna di seluruh tahi lalat. Misalnya, warnanya mungkin cokelat, coklat, hitam, biru, merah, merah jambu, atau putih.
  • Ini lebih besar dari penghapus pensil.
  • Itu berubah dalam ukuran, bentuk atau warna.

Tidak semua melanoma memiliki semua ciri-ciri di atas, jadi jika Anda melihat salah satunya, buatlah janji bertemu dokter Anda.

 

Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Kebanyakan tahi lalat dapat dihilangkan langsung di ruang praktek dokter. Ada dua prosedur umum yang digunakan untuk menghilangkan tahi lalat – eksisi bedah dan pencukuran bedah. Dengan eksisi, dokter kulit akan memotong seluruh tahi lalat dan menjahit kulit jika perlu. Selama pencukuran bedah, dokter kulit menggunakan pisau bedah untuk menghilangkan tahi lalat. Dalam kedua kasus tersebut, kemungkinan besar tahi lalat akan diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat tanda-tanda kanker.

 

Jangan Hilangkan Tahi Lalat Sendiri Di Rumah

Beberapa orang berjongkok untuk memotong tahi lalat di rumah saja. Ini berbahaya dan Anda tidak boleh melakukannya. Jika tahi lalat Anda memiliki sel kanker, Anda mungkin tidak terkena seluruh kanker saat Anda memotong tahi lalat tersebut, dan bahkan dapat menyebabkan sel kanker menyebar. Jika Anda memotong sendiri tahi lalat tersebut, Anda tidak akan pernah tahu apakah tahi lalat tersebut bersifat kanker atau tidak, yang mungkin memberikan waktu bagi kanker untuk menyebar ke luar kulit Anda dan mempengaruhi bagian lain tubuh Anda sebelum Anda menyadari adanya perubahan pada kulit. Anda juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit atau aliran darah, dan dapat merusak kulit Anda sehingga menimbulkan bekas luka. Dokter berusaha untuk menghilangkan tahi lalat dengan cara yang paling aman dan seefektif mungkin. Jadi, jika Anda memiliki tahi lalat yang ingin Anda hilangkan, buatlah janji temu dengan dokter kulit dan mintalah dia untuk menghilangkan tahi lalat tersebut untuk Anda.

Klinik Kecantikan Queen Bedah Plastik

Dokter kecantikan dan dokter bedah plastik adalah ahli kosmetik yang dapat membantu Anda menilai risiko kanker kulit dan dapat membantu pengobatannya. Mereka tahu seperti apa kulit normal, dan mereka melihat tahi lalat yang normal, atipikal, bawaan, Spitz nevi, dan ganas setiap hari. Mereka memahami risiko kanker kulit dan tanda-tanda apa yang harus diwaspadai, dan mereka juga dapat membantu Anda mempelajari apa yang harus diwaspadai. Dokter Anda akan memandu Anda tentang seberapa sering Anda harus menjalani pemeriksaan profesional, dan dia dapat menunjukkan cara melakukan pemeriksaan kulit sendiri setiap bulan. Jika dokter Anda menemukan tahi lalat yang mencurigakan, ia dapat menghilangkannya (atau tahi lalat tersebut) dan melakukan tes untuk mengetahui apakah jaringan yang diangkat tersebut mengandung sel kanker. Hubungi Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery hari ini untuk janji temu dengan dokter Ahli kami atau untuk mendapatkan solusi terbaik.

Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery akan membantu Queeners untuk melakukan prosedur pengobatan yang terbaik dan aman untuk dilakukan. Jangan ragu untuk datang dan menghubungi Klinik Kecantikan Queen Plastic Surgery di nomor hotline dibawah ini dan dapatkan promo di bulan Desember ini ya Queeners. Tampil spesial di momen spesial. 

Konsultasi Gratis Langsung Seputar Tahi Lalat

Klik ke : https://queenplasticsurgery.id 

WhatsApp : 0812 9356 0404

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasien
Testimoni

“Kami percaya bahwa testimoni adalah bukti kesuksesan layanan kami 🌟 Terima kasih telah memilih kami dan memberi kesempatan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/admin-ajax-160x160.jpg
Bella Roselina
Selebgram

“Sangat puas, hasil operasi plastik Hidung dan implan payudara saya di Queen Plastic Surgery sungguh memukau! Terima kasih untuk tim ahlinya yang selalu ramah dan profesional. Kalian membuatku merasa cantik dari dalam dan luar. #QueenPlasticSurgery #TransformasiCantik #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Yeyen-2-160x160.jpg
Yeyen Lidya
Artis

“Bukan hanya sekadar mengubah penampilan, tapi juga meningkatkan rasa percaya diri. Itulah yang saya rasakan setelah operasi plastik kantung mata di Queen Plastic Surgery. Timnya begitu hangat dan perawatan yang diberikan pun sangat terbaik. #QueenPlasticSurgery #PercayaDiriBaru #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Tanpa-judul-160x160.png
Nita Thalia
Artis

“Kesuksesan operasi plastik tidak hanya terletak pada hasil akhirnya, tapi juga pada prosesnya. Dan saya sangat puas dengan proses yang dilalui bersama Queen Plastic Surgery. Saya merasa dipahami dan didukung sepenuhnya. Terima kasih! #QueenPlasticSurgery #ProsesyangBerarti #TestimoniPasien”

https://queenplasticsurgery.id/wp-content/uploads/2024/01/Screenshot-2024-01-14-055939-160x160.png
Olla
Pasien

“Saya tak pernah menyangka bahwa operasi plastik bisa memberikan perubahan yang begitu besar pada diri saya. Queen Plastic Surgery benar-benar mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Terima kasih tak terhingga untuk tim yang luar biasa ini. #QueenPlasticSurgery #PerubahanMaksimal #TestimoniPasien”

Telah Di Tayangkan

“Si cantik yang mempesona, Queen plastic Surgery telah menarik perhatian banyak media nasional. Yakin masih ragu untuk mencoba layanan operasi plastik?

  • PROMO BULAN INI
  • OPERASI PLASTIK
  • PERAWATAN KECANTIKAN
  • 3 LOKASI KLINIK

QUEEN PLASTIC SURGERY (PUSAT)

Jl : Agung Niaga 6 & 7 Blok G 6 No 21 28. Kel. Sunter Agung Jakarta Utara. (Gedung Besar Warna Coklat)
Lokasi Belakang Sunter Mall
Telp 021-640 4769. 653 00 418
Wa Queen Pusat 081293560404

CABANG: RADIO DALAM JAKARTA SELATAN

Jl: Radio Dalam Raya No 54 C-D
Telp 021 -720 2940. 291 263 87
Wa Radio Dalam 08111222134

CABANG SOLO, JAWA TENGAH

Komplek Perum Maesonet ia No 8 Solo Baru Solo. (Sebelah Hartono Mall)
Telp 0271- 572 3589.
Wa Solo 081112518222.

Copyright @ Queen Plastic Surgery 2024

error: COPY PROTECTION!!
Call